Tes MotoGP

Hasil Sesi Tes Resmi di Valencia, Belum Wakili MotoGP 2017

Ahmad Garuda    •    20 November 2016 15:06 WIB
tes motogp
Hasil Sesi Tes Resmi di Valencia, Belum Wakili MotoGP 2017
Hasil sesi tes resmi di Valencia, bukan cerminan dari kekuatan pembalap di MotoGP 2017

Metrotvnews.com, Valencia: Sejatinya, hasil sesi tes resmi MotoGP di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia pada Selasa-Rabu (15-16/2016) kemarin, selalu jadi acuan agar di sesi tes selanjutnya lebih baik. Tapi banyak juga yang menganggap bahwa hasil ini sudah mencerminkan performa di 2017 nantinya.

Padahal dari sisi pengembangan motor, beberapa tim dan pembalap tidak fokus pada pencapaian lap tercepat. Melainkan pengetesan beberapa komponen vital untuk melihat performanya sejauh mana. Seperti yang dilakukan tim Repsol Honda, dari sisi pencapaian lap tercepat baik Marc Marquez maupun Dani Pedrosa, keduany amasih fokus terhadap beradaptasi dengan motor baru mereka yang punya mesin dengan konfigurasi baru pula.

"Beberapa pembalap saat melakukan sesi tes memang memaksa untuk melakukan hot lap (untuk mencetak lap tercepat yang bagus), tapi kami berupaya untuk mngabaikan pencapaian lap tercepat dulu. Kami ingin bekerja lebih dalam dengan paket motor baru ini. Kemudian juga melakukan simulasi balapan dengan long run," beber Marquez.

Biasanya untuk hal-hal seperti catatan lap tercepat, Marquez memang tidak pernah mau kalah. Namun tahun ini, perencanaannya untuk tampil lebih kompetitif sekal awal musim nanti sudah cukup besar.

Bukan hanya Marquez, namun rekan setimnya pun seperti itu. Dani Pedrosa fokus merasakan performa motor saa menggunakan ban depan baru, setup suspensi, hingga engine mapping. "Tentunya saya tak mau memaksakan performa, karena ini cuma sesi tes," timpal Pedrosa.

Hal ini patut Ia lakukan. Mengingat Pedrosa baru beberapa waktu lalu menjalani proses pemulihan kondisi cedera tulang selangka kanannya. Itulah sebabnya Ia lebih fokus pada penyesuaian karakter motor dengan gaya balapnya.


(UDA)