MotoGP 2019

Bos MotoGP Pertimbangkan Majukan Jadwal MotoGP Qatar

Bagas Agustyan    •    01 Maret 2019 16:06 WIB
MotoGP 2019
Bos MotoGP Pertimbangkan Majukan Jadwal MotoGP Qatar
CEO Dorna, promotor MotoGP, Carmelo Ezpeleta (Foto: AFP PHOTO - Alberto PIZZOLI)

Bos Dorna, Carmelo Ezpeleta membuka peluang memajukan jam pelaksanaan balapan MotoGP Qatar 2019. Menurutnya, faktor keselamatan pembalap adalah yang utama.

DOHA:
Promotor MotoGP, Dorna, merespons positif saran dari Jorge Lorenzo terkait jadwal seri pembuka MotoGP 2019 di Sirkuit Losail, Qatar, 10 Maret mendatang. CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, membuka peluang memajukan jam pelaksanaan balapan MotoGP Qatar.

Dorna sebelumnya telah memutuskan bahwa balapan malam di Sirkuit Losail, bakal digelar mulai pukul 8 malam waktu setempat. Namun, hal tersebut menuai protes dari sejumlah pembalap. Jorge Lorenzo adalah salah satunya. 

Pembalap anyar Repsol Honda tersebut menilai, balapan pada pukul 8 malam cukup riskan terhadap keselamatan para pembalap. Faktor kelembaban sirkuit dan embun yang mengganggu penglihatan pembalap diakuinya jadi salah satu alasan mengapa ia berharap balapan nanti dimajukan ke pukul 7 malam, atau sama seperti tahun lalu.
 

Baca: Lorenzo Berharap MotoGP Qatar Digelar Lebih Awal


Lorenzo bukan tanpa alasan mendesak perubahan jadwal tersebut. Ia sempat mengalami kecelakaan pada sesi tes pramusim di Sirkuit Losail, pekan lalu. Lorenzo terjatuh saat menggeber motornya dalam kondisi lintasan yang dingin dan berangin. Selain Lorenzo, juga mengalami insiden yang sama.

"Kemarin, saya sudah berbicara dengan Lorenzo dan para pembalap lain. Kami harus mengevaluasi situasinya, meski sejauh ini belum ada yang diputuskan. Tapi, jika kami bisa membuat perubahan (jadwal), kami akan melakukannya," ujar Ezpeleta.

"Andaikata situasinya bisa jadi membahayakan, tentu kami akan melakukan perubahan demi keselamatan pembalap," lanjutnya.
 

Baca juga: Jadwal Wakil Indonesia di Perempat Final German Open


Sirkuit Losail, Qatar, sudah menjadi tuan rumah gelaran MotoGP sejak 2005. Di kelas utama (MotoGP), Valentino Rossi dan Casey Stoner jadi pembalap yang paling sering menang, yakni sama-sama mencatatkan empat kemenangan.

Sementara itu, Lorenzo menguntit di belakangnya dengan tiga kali kemenangan (2012, 2013 dan 2016). Namun, jika berbicara raihan secara umum, Lorenzo mengoleksi kemenangan terbanyak di Qatar, yakni 6 (tiga di kelas MotoGP, dua di kelas 250cc dan satu kemenangan di kelas 125cc.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga?

Video: ?Highlight Primetime News: Membongkar Mafia Sepak Bola




(ACF)