MotoGP 2018

Rossi: Kemampuan Marquez Menyelamatkan Diri bukan Kebetulan

Krisna Octavianus    •    01 Maret 2018 14:27 WIB
MotoGP 2018
Rossi: Kemampuan Marquez Menyelamatkan Diri bukan Kebetulan
Marc Marquez (Foto: AFP/JOSE JORDAN)

Buriram: Pernah lihat Marc Marquez hampir jatuh dari motornya tapi dia berhasil cepat mengatasinya dan melanjutkan balapan? Menurut Valentino Rossi, itu bukan kebetulan semata.

Marquez beberapa kali membuat pencinta MotoGP berdecak kagum dengan aksinya yang berhasil melakukan penyelamatan ketika mau terjatuh dari motor. Yang paling diingat adalah ketika di seri pamungkas Valencia tahun lalu.

Sebagai rival, Rossi pun tak segan memuji Marquez atas kemampuannya untuk jatuh dari motor. The Doctor menganggap hal itu lebih dari keberuntungan semata. Keseimbangannya Marquez dianggap sangat baik.

Pembalap Yamaha itu bahkan menganggap, kombinasi gaya balap Marquez dan motor Honda merupakan faktor kunci di balik aksi penyelamatan The Baby Alien.

“Mengesankan apa yang dia lakukan, karena dia tidak sering terjatuh lagi. Dia melakukan banyak penyelamatan tahun lalu. Itu tidak mungkin sebuah kebetulan,” ujar Rossi.

“Bagi saya, dia berlatih keras untuk meningkatkan tekniknya. Gaya balap atau berkendaranya membantu dia. Saya tidak tahu apakah itu alami atau sesuatu yang dia kerjakan. Tapi dia menempatkan tubuhnya di antara motor dan aspal, menggunakannya untuk tidak terjatuh,” kata Rossi menganalisis.

Rossi kemudian mengklaim, bahwa dengan motor selain Honda, tidak mungkin menghindari kecelakaan. 

“Saya rasa bukan elektronik, tapi motor itu sendiri. Honda dibuat sedemikian rupa sehingga saat roda depan direm, pembalap masih terus memiliki keseimbangan. (Dengan) motor seperti kami, jika Anda mengerem roda depan, maka akan mengenai bagian bawah dan Anda tidak bisa lagi mengangkatnya lagi,” pungkasnya. (motorsport)



Video: Menpora Kunjungi Atlet Dayung yang Tersengat Listrik
 


(KRS)