MotoGP Catalunya 2017

Dani Pedrosa Mengakui Kehebatan Ducati

Kautsar Halim    •    12 Juni 2017 18:54 WIB
motogp 2017
Dani Pedrosa Mengakui Kehebatan Ducati
Dani Pedrosa bersalamam dengan Andrea Dovizioso. (Josep LAGO / AFP)

Metrotvnews.com, Catalunya: Pembalap Repsol Honda Dani Pedrosa hampir saja menjuarai MotoGP Catalunya karena mampu memimpin cukup lama. Sayang, asa itu harus pupus karena Andrea Dovizioso yang tergabung dengan tim Ducati terbukti tampil lebih gemilang.

Pedrosa gagal mempertahankan posisi pertamanya karena disalip Dovizioso ketika balapan tersisa sembilan putaran. Saat itu, Pedrosa harus terima disalip lantaran kalah cepat ketika menggeber trek lurus.


Klik: Klasemen Pembalap F1 Usai GP Kanada


Setelah disalip Dovizioso, penampilan Pedrosa malah makin menurun. Alhasil, Marc Marquez yang merupakan rekan setimnya berhasil memanfaatkan kondisi itu dan finis di urutan kedua dengan berselisih waktu lebih dari tiga detik dengan Pedrosa.

Berbicara seusai balapan, Pedrosa mengaku penurunan performa itu memang sengaja ia lakukan. Pasalnya, kondisi ban yang digunakan sudah tidak memungkinkan untuk digeber dalam kecepatan maksimal. Jika itu dipaksakan, ia bisa saja terjatuh dan tidak mendapat poin seperti pada seri sebelumnya, yakni MotoGP Italia.

"Balapan hari ini sangat berat. Saya kira bisa melaju lebih cepat, tapi sialnya catatan waktu kemarin tidak sesuai dengan kondisi ban. Saya benar-benar tidak bisa melaju lebih cepat karena hal itu," kata Pedrosa yang memulai start di urutan terdepan.


Klik: Start Manis Hendra Setiawan/Tan Boong Heon


"Saya kira Marc (Marquez) bakal menjadi lawan berat dalam perebutan gelar juara. Tapi ternyata, lawan terberat itu adalah Andrea Dovizioso," tambahnya.

"Perasaan saya memang tidak baik, tapi saya senang dengan poin yang diraih. Kejuaraan ini sangat berat dan selalu berubah-ubah di tiap akhir pekan. Kita bisa lihat bagaimana Honda dan Yamaha berjuang untuk mempertahankan tren positif. Tapi Ducati bisa dibilang sedikit lebih stabil. Jadi, mereka memang sudah bekerja dengan baik." lanjut pembalap berjuluk Little Spaniard tersebut.

Pedrosa finis ketiga di MotoGP Catalunya dengan catatan waktu 44 menit 48.292 detik. Saat ini, Pedrosa sedang bertengger di urutan empat klasemen sementara dengan koleksi 84 poin. (crash)

 


(KAU)