Tes MotoGP

Yamaha Akui Feeling Vinales Cukup Kuat

Ahmad Garuda    •    16 November 2016 16:37 WIB
tes motogp
Yamaha Akui Feeling Vinales Cukup Kuat
Yamaha akui feeling Maverick Vinales cukup tajam. Michelin

Metrotvnews.com, Valencia: Pembalap dengan feeling yang kuat, biasanya akan mudah menentukan penggunaan komponen yang cocok baginya. Hal ini yang diakui oleh Yamaha kepada pembalap barunya yaitu Maverick Vinales. Perubahan demi perubahan yang mereka lakukan, mampu Ia rasakan. Sehingga arah setup motor yang sesuai baginya mudah ditemukan.

Pada hari pertama sesi tes resmi MotoGP di Valencia yaitu Selasa (15/11/2016), Vinales langsung keluar sebagai pembalap tercepat. Ia mengalahkan lap tercepat milik rekan setimnya. Meski Yamaha tak menjadikan ini acuan untuk hasil balap mereka nantinya di 2017, paling tidak pembalap muda asal Spanyol itu sudah mengerti basis karakter Yamaha.

"Kami tidak pernah meragukan kecepatannya, tapi bisa jadi yang tercepat sejak awal di luar ekspektasi awal kami. Aspek lain yang membuat kami sangat takjub adalah Ia adalah pembalap yang cukup kuat dalam hal feeling. Setiap perubahan kecil yang Ia inginkan atau ada yang kami ubah, Ia dapat merasakannya. Makanya dengan mudah Ia bisa menentukan setup yang Ia inginkan," beber Manager tim Yamaha MotoGP, Massimo Meregalli.

Feeling yang kuat ini, menurut Maio (sapaan akrab Meregalli), cukup penting untuk menentukan arah pengembangan yang ingin mereka tempuh ke depannya. "Terutama saat pekan balap. Di momentum tersebut Anda tidak mempunyai banyak waktu untuk melakukan ubahan ini dan itu."

Namun Maio belum bisa melakukan komparasi dengan cara Valentino Rossi melakukan setup motor. Lantaran pembalap kawakan itu, juga cukup kuat di feeling. Namun untuk menentukan setup yang tepat, terkadang pupus gara-gara kondisi atau temperatur trek lebih rendah atau lebih tinggi dari pada prediksi setup yang mereka aplikasikan.

"Kadang-kadang pembalap ragu-ragu menetukan sebuah setup yang sudah benar atau setup yang salah. Tapi Vinales cukup yakin dengan setiap jawabannya. Ini membantu tim teknis bekerja dengan cepat."


(UDA)