MotoGP Belanda

Kalahkan Petrucci dan Marquez, Rossi Juara MotoGP Belanda

Patrick Pinaria    •    25 Juni 2017 19:45 WIB
motogp 2017
Kalahkan Petrucci dan Marquez, Rossi Juara MotoGP Belanda
Valentino Rossi (Foto: AFP/Vincent Jannink)

Metrotvnews.com, Assen: Valentino Rossi tampil sebagai pemenang MotoGP Belanda 2017. Pembalap Movistar Yamaha itu berhasil mengalahkan pesaing-pesaingnya, Danilo Petrucci dan Marc Marquez.

Rossi mampu tampil impresif sejak awal balapan yang digelar di Sirkuit Assen TT pada Minggu 25 Juni. Ia yang start dari posisi keempat langsung merangsek ke posisi ketiga.

Sementara itu, posisi pertama masih dipegang oleh Johann Zarco. Ia juga mampu menjaga posisinya sejak awal balapan. Lalu, ia diikuti Marc Marquez di posisi kedua.

Penampilan tak kalah impresif juga ditunjukkan pembalap Suzuki Ecstar Andrea Iannone. Ia sukses merangsek ke posisi ketujuh ketika memasuki lap keempat. Sebelumnya, ia mengawali balapan di posisi ke-16.

Baca: Daftar Juara Australia Open 2017

Iannone semakin menunjukkan tajinya. Pada lap kelima, ia langsung masuk ke perebutan posisi lima besar.

Persaingan posisi empat besar semakin terasa sengit ketika memasuki putaran kesembilan. Zarco yang masih berada di urutan pertama, terus diikuti Marquez, Rossi, dan Petrucci.

Bahkan, keempat pembalap terdepan semakin jauh meninggalkan posisi kelima, Scott Redding. Ia harus tertinggal sebanyak 2,1 detik dari Petrucci yang berada di posisi keempat.

Sementara itu, pembalap Yamaha Maverick Vinales juga menunjukkan performa yang kian impresif. Ia yang start di posisi kesepuluh, kini mampu merangsek ke posisi keenam di putaran kesembilan.

Perubahan posisi terjadi di barisan empat besar pada lap ke-11. Ketika itu, Rossi berhasil merebut posisi kedua setelah menyalip Marquez.

Rossi terlihat semakin percaya diri. Ia pun berhasil merebut posisi terdepan dari Zarco pada tikungan pertama putaran ke-12.

Zarco yang tak terima mencoba untuk merebut kembali posisi terdepan dari Rossi di tikungan ketiga. Namun, upayanya gagal membuahkan hasil, bahkan nyaris jatuh. Beruntung, ia tetap mampu mengendalikan motornya dan turun ke posisi ketiga.

Nasib buruk harus dialami Vinales pada putaran ke-13. Pembalap asal Spanyol tersebut mengalami crash dan terlempar ke luar lintasan. Hingga akhirnya, ia tak bisa melanjutkan balapan.

Kejutan kembali terjadi pada putaran ke-16. Saat itu, Marquez secara mengejutkan disalip Petrucci di tikungan kelima. 

BacaIndonesia tanpa Gelar di Australia Open 2017

Pada lap ke-20, sejumlah pembalap harus melakukan pertukaran motor karena rintik hujan. Usai mengganti motor, perubahan posisi terjadi. 

Ketika itu, Dovizioso berhasil merangsek ke posisi ketiga melewati Marquez. Ia kini berada di belakan Rossi dan Petrucci yang masih berada di posisi pertama dan kedua.

Persaingan semakin sengit ketika memasuki akhir balapan. Tepatnya pada lap ke-22, posisi Rossi berhasil disalip Petrucci. Sedangkan posisi ketiga berhasil direbut Marquez dari Dovizioso.

Namun, Rossi mampu merebut kembali posisi terdepan dari Petrucci pada lap ke-23. Saat bersamaan, Dovizioso juga merebut posisi ketiga dari Marquez.

Pada lap terakhir, Rossi mampu mempertahankan posisi terdepan hingga garis finis. Sedangkan Petrucci harus puas finis di posisi kedua. Untuk posisi ketiga mampu diambil Marquez setelah ia mampu menyalip Cal Crutchlow dan Dovizioso.

Dengan hasil ini, Rossi berhasil naik ke posisi ketiga klasemen pembalap sementara dengan mengoleksi 108 poin. Sementara itu, posisi puncak klasemen kini dipegang oleh Dovizioso yang mengoleksi 115 poin.

Dovizioso berhasil merebut puncak klasemen dari Vinales yang gagal mendapatkan poin pada balapan tersebut. Vinales kini harus puas berada di posisi kedua dengan mengoleksi 111 poin. 

Berikut hasil lengkap balapan MotoGP Belanda, Minggu 25 Juni:



Video: Verstappen Tercepat di Latihan Kedua GP Azerbaijan

 


(PAT)