MotoGP Qatar 2017

Juarai GP Qatar 2017, Vinales Setara dengan Rossi dan Biaggi

A. Firdaus    •    27 Maret 2017 14:11 WIB
motogp 2017
Juarai GP Qatar 2017, Vinales Setara dengan Rossi dan Biaggi
Maverick Vinales (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Losail: Maverick Vinales sukses menjalani debutnya bersama Tim Movistar Yamaha. Tak tanggung-tanggung, pembalap asal Spanyol tersebut mampu menjuarai seri pembuka MotoGP 2017 di Sirkuit Losail, Qatar.

Vinales menjadi yang tercepat usai terlibat persaingan sengit dengan pembalap Tim Ducati, Andrea Dovizioso. Kedua pembalap ini hanya dibedakan waktu 0.461 detik.

Perjalanan Vinales meraih podium teratas GP Qatar sangat menarik. Ia direkrut Yamaha usai pendahulunya, Jorge Lorenzo memilih hengkang ke Ducati pada musim ini.

Mantan pembalap Suzuki Ecstar ini tak butuh waktu lama untuk mencocokan diri dengan tunggangan barunya, Yamaha YZR-M1. Pembalap berusia 22 tahun itu langsung nyetel dan tampil cemerlang pada beberapa sesi tes resmi pramusim 2017.

Klik di sini: Cerita Vinales yang Meraih Kemenangan pada Debutnya Bersama Yamaha

Penampilan ciamik itu mampu ia jaga ketika menjalani sesi latihan bebas di Sirkuit Losail. Dari tiga sesi yang dijalani, Vinales mampu menjadi yang tercepat pada sesi latihan bebas pertama dan ketiga. Sementara pada sesi kedua, ia gagal mencatatkan waktu terbaik lantaran sempat terjatuh.

Penampilan terbaiknya pada sesi latihan bebas memberikan keuntungan tersendiri buatnya. Vinales meraih pole position pada lomba MotoGP Qatar, setelah sesi kualifikasi tak diadakan lantaran faktor cuaca yang kurang mendukung. Menunggangi Yamaha YZR-M1 pada balapan perdana dengan rentetan yang ciamik pada pramusim, membuatnya over confidence. Sempat start paling depan, posisinya kemudian merosot.

Tapi ketika kepercayaan dirinya kembali stabil, lambat laun Vinales menemukan ritmenya. Ia mampu menyalip Dovizioso pada dua lap terakhir dan menasbihkannya sebagai yang tercepat pada MotoGP Qatar.

Torehan ini menempatkannya berada dalam lima pembalap elite yang memenangi seri dengan dua pabrikan yang berbeda. Sebelumnya, Vinales juga memenagi lomba bersama Suzuki pada MotoGP Inggris tahun lalu. Kini ia tergabung bersama Valentino Rossi, Max Biaggi, Casey Stoner dan Andrea Dovizioso. (MotoGP)

Marquez dan Pedrosa Optimis di Musim 2017
 


(FIR)