Jelang MotoGP 2018

Ducati Memprotes Aturan Sesi Uji Coba MotoGP 2018

Kautsar Halim    •    31 Desember 2017 15:16 WIB
ducatimotogp 2017
Ducati Memprotes Aturan Sesi Uji Coba MotoGP 2018
Skuat tim Ducati. (AFP PHOTO / MOHD RASFAN)

Bologna: Tim Ducati tidak senang dengan perubahan aturan sesi uji coba di ajang MotoGP 2018. Perubahan tersebut mereka anggap merugikan karena diputuskan dalam waktu yang mepet.

Pihak penyelenggara MotoGP sempat mengumumkan pada Oktober lalu bahwa tiap pembalap boleh menjajal lintasan sebelum memulai balapan. Itu bisa dilakukan selama tiga hari dari lima hari sesi uji coba yang tersedia.


Klik: Marquez Berjaya, Rossi Apes & RIP Nicky Hayden


Namun setelah dilakuakan pertemuan di Jepang beberapa waktu lalu, penyelenggara MotoGP mengubah aturan tersebut. Mereka hanya memperbolehkan tiap tim melakukan sesi uji coba di tiga venue yang telah ditentukan.

"Pada prinsipnya Ducati setuju dengan ide tersebut. Tapi kami kurang setuju karena keputusan itu diambil sebulan sebelum dimulainya musim baru," ujar Direktur Olahraga Ducati Paolo Ciabatti.

"Kami pikir keputusan itu tidak menghargai rencana sesi uji coba kami dan juga alokasi motor antara tim pabrikan dengan tim satelit. Jadi kami menentang perubahan keputusan yang diambil di Jepang tersebut," tambahnya. 

Perubahan aturan sengaja dilakukan untuk menghindari adanya kecurangan. Pasalnya, beberapa tim dicurigai memanfaatkan sesi uji coba untuk menyetel motor yang akan digunakan pada balapan akhir pekan. (motorsport)




(KAU)