Sirkuit Catalunya

Alami Perubahan Trek, Sirkuit Catalunya dapat Lampu Hijau dari FIA dan FIM

A. Firdaus    •    02 Februari 2018 06:20 WIB
f1MotoGP 2018
Alami Perubahan Trek, Sirkuit Catalunya dapat Lampu Hijau dari FIA dan FIM
Sirkuit Catalunya (Foto: Ist)

Barcelona: Perubahan trek yang dilakukan pihak Sirkuit Catalunya telah mendapatkan lampu hijau oleh FIA dan FIM. Persetejuan itu terjadi setelah perwakilan dari FIA, Charlie Whiting yang merupakan bagian keselamatan serta Franco Uncini dari FIM datang mengunjungi sirkuit tersebut.

Renovasi trek dilakukan demi meningkatkan standar keselamatan. Menyusul kematian tragis yang menimpa rider Moto2 Luis Salom pada 2016. Nantinya mereka akan mengubah 13 tata letak. Termasuk chicane F1 di sektor akhir.

Tahun lalu perubahan trek sempat dilakukan untuk balapan MotoGP, tapi disambut kritikan oleh para pembalap MotoGP. Sehingga pihak sirkuit secara mendadak mengubahnya seperti yang digunakan untuk trek F1.

Klik di sini: Timnas Voli Dijadwalkan Uji Coba ke Myanmar dan Kazakhstan

"Whiting dan Uncini telah mengungkapkan rasa terima kasih mereka atas yang telah kami lakukan dan telah mengucapkan selamat kepada sirkuit untuk pekerjaan yang dilakukan, yang tujuannya adalah untuk menemukan keseimbangan antara kedua balapan (F1 dan MotoGP)," demikian sebuah pernyataan yang dikeluarkan Circuit de Catalunya.

Rangkaian perubahan atau resurfacing dan area mematikan tersebut telah selesai sesuai jadwal. Tepatnya setelah penilaian oleh Whiting dan Uncini. Kedua perwakilan tersebut menganggap Sirkuit Catalunya telah memenuhi persyaratan keselamatan.

Klik di sini: Masa Depan Rossi Ditentukan dalam Tiga Balapan Awal MotoGP

"Kini setelah perwakilan kedua federasi tersebut menyatakan kepuasannya, arena pacuan balap Catalan bersiap untuk melanjutkan aktivitas di trek pada Sabtu," lanjut pernyataan tersebut.

"Para pekerja terpaksa menghentikan semua aktivitas trek selama akhir Januari dengan sentuhan akhir: Mereka menyelesaikan pemasangan antena waktu, restitusi area hijau, pengecatan curbs, dan garis putih," tegas pernyataan tersebut.

Sirkuit Catalunya menjadi tuan rumah F1 GP Spanyol dan MotoGP Catalunya. Sirkuit sepanjang 4,6 km ini juga akan menjadi tuan rumah tes pramusim F1 pada 26 Februari hingga 1 Maret dan 6 Maret hingga 9 Maret. Sementara MotoGP akan menggelar tes pada akhir Mei.

Sedangkan F1GP Spanyol akan dijadwalkan digelar pada 13 Mei dan MotoGP akan melangsungkan balapan di sirkuit ini pada 17 Juni mendatang.

Mercedes & Ferrari akan Rilis Mobil Barunya di Hari yang Sama



(FIR)