Terkait Terjatuhnya Rossi, Marquez tak Sepenuhnya Salah

M. Rizky Adhestian    •    10 April 2018 11:10 WIB
MotoGP 2018
Terkait Terjatuhnya Rossi, Marquez tak Sepenuhnya Salah
Marc Marquez (Foto: AFP PHOTO / Juan MABROMATA)

Termas de Rio Hondo: Bos Repsol Honda, Alberto Puig, yakin Insiden yang melibatkan Marc Marquez dengan Valentino Rossi pada Grand Prix Argentina akhir pekan lalu murni sebuah kecelakaan. Namun, ia mengaku dapat memaklumi keresahan dari pihak Movistar Yamaha.

Insiden tersebut terjadi saat balapan di Sirkuit Termas de Rio Hondo tinggal menyisakan empat lap lagi. Rossi yang berada di posisi enam ditikung Marquez dari sisi dalam dan membuatnya kehilangan keseimbangan hingga akhirnya terjatuh.

Setelah balapan, Puig sempat menemani Marquez menghampiri paddock Yamaha dengan maksud mengklarifikasi dan meminta maaf pada The Doctor. Akan tetapi, tangan kanan Rossi, Alessio Salucci, langsung mengusir peraih empat gelar juara dunia tersebut beserta rombongan Honda.

Baca: OCA Fun Run ke-12 di Nepal Diikuti 1000 Peserta

Menurut Puig, insiden tersebut bukan sepenuhnya salah Marquez. Sebab, trek yang terdapat genangan air membuat motor Rossi terjatuh. Namun, pihaknya tetap meminta maaf atas insiden tersebut.

"Masalah dengan Valentino, memang benar di tikungan itu jika anda melihat di TV, ada genangan air di pinggir. Jadi, saat itu terlihat ia (Rossi) harus melepas remnya dan terjatuh," kata Puig.

Baca: Marquez Cuek Dapat Banyak Kritikan

"Kami paham itu adalah kecelakaan murni dan tentunya kami minta maaf untuk itu. Tetapi tentu, semua orang punya intepretasinya tentang ini. Direksi balapan dan para rider punya intepretasinya masing-masing. Tentu kami percaya dengan penjelasan rider kami (Marquez)," sambungnya.

Terjatuhnya Rossi di empat lap terakhir membuatnya harus puas finis di posisi 19. Sedangkan Marquez finis di atas Rossi di posisi 18 setelah mendapatkan penalti karena motornya mogok sesaat sebelum start. (Crash)




(FIR)