MotoGP 2018

Marquez tak Layak Disanksi Berat

A. Firdaus    •    11 April 2018 17:51 WIB
MotoGP 2018
Marquez tak Layak Disanksi Berat
Pembalap Repsol Honda Marc Marquez (Foto: AFP)

Termas de Rio Hondo: MotoGP Argentina memang dimenangi oleh pembalap LCR Honda, Cal Cructhlow. Tapi bintang sirkuitnya tetap Marc Marquez.

Bagaimana tidak, pembalap Repsol Honda itu selalu menghadirkan masalah mulai dari awal balapan hingga berakhirnya lomba di Sirkuit Termas de Rio Hondo. Seperti apa yang dilakukannya sesaat sebelum lampu hijau menyala.

Mesin motor yang ditunggangi Marquez tiba-tiba mati, sehingga Race Director menyuruh Marquez untuk memulai balapan dari pit lane. Tapi pembalap asal Spanyol itu justru memulainya dari starting grid. Kendari begitu, ia tetap menjalani penalti 30 detik.

Klik di sini: Menpora Berharap Daud Yordan Rebut Juara di Rusia

Demi mengincar posisi terdepan, Marquez membalap dengan sangat agresif. Imbasnya ia menyeruduk dua pembalap, yaitu Aleix Espargaro dari Aprilia serta rider Movistar Yamaha Valentino Rossi. Kedua pembalap korban Marquez pun harus menerima posisi mereka merosot.

"Marquez melewati mereka semua, dia bahkan bisa menunggu giliran berikutnya yang mungkin dia lebih siap untuk menyalip. Sementara dia pikir dia berada di area dalam, tetapi dia tidak berhasil," ujar Agostini menanggapi manuver Marquez.

Selain itu, Agostini meyakini bahwa dipanggilnya Marquez oleh Dorna untuk memberikan sanksi terhadap pembalap Spanyol tersebut. Tapi ia menganggap hukuman 30 detik untuk Marquez sudah tergolong cukup.

“Marquez salah dan dia meminta maaf, kami berharap dia tidak akan melakukannya lagi. Namun, dia tidak boleh didiskualifikasi, dia sudah dihukum kemarin saat balapan," terangnya.


(FIR)