Jelang MotoGP 2017

Valentino Rossi Cemas Menatap MotoGP Barcelona

Achmad Firdaus    •    06 Juni 2017 23:22 WIB
valentino rossimotogp 2017
Valentino Rossi Cemas Menatap MotoGP Barcelona
Valentino Rossi melakukan ritual sebelum balapan di Mugello (Foto: AFP PHOTO / Vincenzo PINTO)

Metrotvnews.com, Gerno di Lesmo: Valentino Rossi cemas menatap seri ketujuh MotoGP 2017 yang akan digelar di Sirkuit Catalunya, Barcelona, akhir pekan ini. Ia khawatir tidak bisa mengulang sukses seperti yang diraihnya pada musim lalu.

Rossi diketahui tampil perkasa pada balapan di Spanyol musim lalu. Dalam dua seri balapan, yakni di Jerez dan Barcelona, ia tampil superior dan berdiri di podium pertama, mengalahkan jago-jago kandang macam Marc Marquez, Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa.

Namun, di musim ini The Doctor sepertinya sulit mengulang pencapaian tersebut. Sinyalemennya bisa dilihat pada seri keempat di Jerez, 7 Mei lalu. Rossi hanya mampu finish di posisi 10 dan tertinggal 38 detik dari Dani Pedrosa yang tampil sebagai pemenang. Ini adalah hasil terburuk Rossi di Jerez dalam empat musim terakhir.
 

Baca: GP Italia Jadi Ajang Pembuktian Para Pembalap Lokal


Menilik hasil tersebut, Rossi memprediksi balapan di Sirkuit Barcelona akhir pekan ini juga tidak akan mudah buatnya. Alasannya, kondisi sirkuit Barcelona tidak jauh berbeda dengan Jerez.

"Saya sedikit cemas karena aspal di Barcelona sangat buruk dan daya cengkeramnya juga sangat rendah," ujar Rossi.

"Di Jerez, dengan kondisi seperti itu, (motor) kami sangat menderita. Tapi, terlalu dini untuk memberikan penilaian sekarang," lanjutnya.

Meski pesimistis, Rossi memiliki modal yang cukup bagus jelang balapan di Barcelona. Itu merujuk pada penampilan kompetitifnya pada seri sebelumnya di Mugello.
 

Baca juga: Klasemen Pembalap Usai MotoGP Italia


Rossi yang tampil dengan kondisi fisik tidak prima menyusul kecelakaan yang dialaminya saat berlatih dengan motorcross, mampu finis di posisi empat pada balapan tersebut.

Untuk itu, waktu sepekan ini akan digunakannya untuk memulihkan kondisi fisiknya sehingga bisa tampil 100 persen di Barcelona.

Rossi saat ini masih tercecer di posisi tiga klasemen sementara pembalap dengan raihan 75 pemain, terpaut 30 poin dari rekan setimnya di Yamaha, Maverick Vinales yang duduk di puncak klasemen.

Video: ?Hening 69 Detik untuk Mengenang Hayden
 


(ACF)