Jelang MotoGP Austin, Amerika Serikat

Sudah Lebih Paham Karakter RC213V, Pedrosa Optimistis Tatap GP Austin

Achmad Firdaus    •    18 April 2017 22:33 WIB
motogp 2017
Sudah Lebih Paham Karakter RC213V, Pedrosa Optimistis Tatap GP Austin
Dani Pedrosa saat menjalani tes pramusim MotoGP 2017 di Sepang, Malaysia (Foto: AFP PHOTO / MANAN VATSYAYANA)

Metrotvnews.com, Aalst: Tim Repsol Honda harus gigit jari pada seri kedua MotoGP 2017 di Argentina, beberapa pekan lalu. Kedua pembalapnya gagal menyumbangkan poin lantaran terjatuh di tengah balapan.

Marquez yang sempat memberikan harapan usai melesat jauh meninggalkan lawan-lawannya di awal balapan, gagal mendulang poin karena terjatuh di lap ketujuh.

Setelah insiden nahas yang menimpa Marquez, Dani Pedrosa yang saat itu tengah bertarung untuk memperebukan posisi lima, jadi tumpuan Honda. Sialnya, Pedrosa malah bernasib sama dengan Marquez. Tragisnya, Pedrosa jatuh di tikungan yang sama dengan Marquez.

Hasil ini tentu mengecewakan buat Honda dalam kampanye mereka untuk mempertahankan gelar juara di kategori konstruktor. Sebab di saat bersamaan, rival utamanya Yamaha justru tampil moncer. Valentino Rossi dan Maverick Vinales selalu berdiri di podium dalam dua balapan tersebut. Vinales bahkan selalu tampil sebagai pemenang.
 

Baca: Marquez Usung Misi Bangkit dan Jaga Rekor Sempurna di COTA


Pedrosa menyadari bahwa dia dan Marquez harus segera bangkit di GP Austin, Amerika Serikat, akhir pekan ini. Jeda dua pekan antara GP Argentina dan Austin pun dimanfaatkannya untuk memperbaiki kekurangan yang ada pada motor RC213V.

"Memang mengecewakan kami gagal mendapatkan poin di Argentina. Tapi, kami sudah melupakan hasil itu dan berkonsentrasi untuk meraih hasil positif," ujar Pedrosa.

"Sekarang kami sudah lebih memahami karakter motor kami. Kami akan terus meningkatkan stabilitas motor dan juga set-up secara keseluruhan. Harapan saya, kami bisa mengambil langkah besar di akhir pekan ini," lanjutnya.

Secara keseluruhan karakter kuda besi Honda cocok dengan Circuit of the Americas (COTA). Itu dibuktikan dengan kesuksesan Marc Marquez jadi juara dalam empat musim beruntun.
 

Baca juga: Rossi Tidak akan Bantu Vinales Jadi Juara Dunia


Bagaimana dengan Pedrosa? Di musim lalu, Pedrosa memang gagal meraih hasil maksimal lantaran terjatuh dan menabrak Andrea Iannone. Namun, dari total tiga balapan yang dijalaninya di Austin, Pedrosa punya rekor cukup baik, yakni dua kali naik podium (finis di posisi dua pada 2013 dan 2014).

"Saya menyukai sirkuitnya dan fan di Austin juga sangat fantastis. Kami berharap bisa meraih hasil bagus di Texas, akhir pekan ini," tandasnya.

Saat ini, Honda masih tercecer di posisi tiga klasemen sementara konstruktor dengan koleksi 29 poin. Mereka terpaut 21 poin dari Yamaha di puncak klasemen.

Untuk kategori pembalap, Marquez dan Pedrosa juga tidak berada di posisi yang bagus. Marquez duduk di posisi delapan dengan raihan 13 poin, unggul dua angka dari Pedrosa yang ada di posisi 10. Adapun, rival utama mereka, Maverick Vinales dan Valentino Rossi ada di puncak klasemen dengan koleksi 50 dan 36 poin.

Video: ?Preview Barcelona vs Juventus
 


(ACF)