MotoGP Jepang

Bos Yamaha Akui, Marquez Pantas Juara Tahun Ini

Ahmad Garuda    •    16 Oktober 2016 14:13 WIB
marquez juara dunia
Bos Yamaha Akui, Marquez Pantas Juara Tahun Ini
Konsistensi dan strategi Marc Marquez bikin Massimo Meregalli tak canggung memuji. Repsol Honda

Metrotvnews.com, Jepang: Direktur Tim Yamaha MotoGP yaitu Massimo Meregalli puji kemenangan yang diraih oleh Marc Marquez. Ia menganggap kemenangan tersebut tak lebih karena konsistensinya dan strategi apik yang mereka terapkan di musim ini.

Padahal dari data di atas kertas, Yamaha memiliki keunggulang di banyak sirkuit. Namun nasib kurang beruntung yang beberapa kali dialami pembalapnya, membuat Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo tak berdaya dengan perebutan poin di klasemen poin pembalap tahun ini. Bahkan keduanya masih saja dirundung nasib sial karena terjatuh di beberapa seri.

"Di atas kertas, kami punya keunggulan di hampir semua sirkuit yang ada tahun ini. Tapi Marquez dapat menjalankan strategi terbaik dari timnya dan Ia juga mulai menerapkan trik-trik terbaiknya untuk mengumpulkan poin. Saya rasa Ia pantas meraih kemenangan tahun ini," beber Massimo Meregalli kepada stasiun televisi BT Sports usai balapan berlangsung.

Apa yang dikatakan pria yang akrab disapa Maio itu, buktinya bisa dilihat di MotoGP Motegi, Jepang (16/10/2016) yang baru saja berlangsung. Di atas kertas, Yamaha punya keunggulan tersendiri. Namun feeling Marquez yang membaik dari sesi ke sesi di sirkuit tersebut, membuat pemuda asal Spanyol ini berani menargetkan kemenangan sesaat sebelum balapan dimulai.

Sementara kedua pembalap Yamaha sudah lebih dulu terdoktrin data yang ada. Artinya mereka berharap data tersebut jadi kuncian saat balapan berlangsung. Padahal di tipe sirkuit stop & go seperti Motegi, cukup teknikal dan butuh feeling terbaik dari pembalap ke motornya. Kalau ini tidak terjadi, maka pembalap takkan merasa nyaman dan sangat mudah mengalami kecelakaan seperti yang dialami Rossi dan Lorenzo.


(UDA)