Senggol Rossi sampai Jatuh, Marquez Salahkan Kondisi Aspal

Gregah Nurikhsani Estuning    •    09 April 2018 09:33 WIB
MotoGP 2018
Senggol Rossi sampai Jatuh, Marquez Salahkan Kondisi Aspal
Valentino Rossi (Foto: AFP PHOTO / JUAN MABROMATA)

Termas de Rio Hondo: Marc Marquez merasa tidak melakukan hal 'gila' saat menyenggol Valentino Rossi hingga terjatuh. Menurutnya, kondisi trek di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Agentina pada Minggu 8 April waktu setempatlah yang menjadi biang keladi.

Manuver berbahaya yang Marquez lakukan terjadi di Tikungan 13, dan bukan satu kali saja, melainkan dua kali. Selain Rossi, ia juga melakukan hal serupa pada Aleix Espargaro.

Malang buat Rossi, pembalap Yamaha itu tak kuasa menahan keseimbangan dan terjatuh. Beruntung, ia masih bisa melanjutkan balapan dan menyentuh garis finis.

Kendati demikian, Marquez bersikeras tidak melakukan 'kegilaan' selama pertarungannya dengan Rossi. Ia malah menyebut manuver yang sama juga dilakukan oleh pembalap lain.

Klik: Klasemen Pembalap Usai MotoGP Argentina

"Saya tidak melakukan hal yang gila. Yang terjadi pada Valentino adalah kesalahan, sebuah konsekuensi dari buruknya kondisi trek," ujar Marquez dinukil dari Motorsport.com.

"Anda harus paham bagaimana kondisinya, aspal saat itu memang kering, tapi saya memakai ban untuk kondisi basah, rem saya lepas," sambungnya.

Marquez pada akhirnya tetap meminta maaf. Namun, ia bersikukuh apa yang terjadi dengan Rossi bukan murni kesalahannya. Sebaliknya, ia justru merasa bersalah kepada Espargaro.

"Oke, memang ada gesekan, saya coba belok saja, saat saya lihat ada yang jatuh, saya langsung mengatakan maaf. Kalau Anda perhatikan, Zarco dengan Pedrosa, lalu Petrucci dengan Espargaro, juga sama," lanjut pembalap berjuluk The Baby Alien tersebut.

"Kesalahan terbesar saya adalah kepada Aleix (Espargaro). Saya empat detik lebih cepat, dan saya tidak sadar ada dia, seketika langsung saya coba hindari. Lagi, saya minta maaf," tukas Marquez lagi.

Marquez berhasil finis di posisi kelima, tapi penalti 30 detik yang diberikan kepadanya membuat pembalap asal Spanyol itu berada di peringkat ke-18.

Video: Sean Gelael Raih Enam Poin di Bahrain
 


(REN)