MotoGP Valencia

Lorenzo Tak Tersentuh, Rossi Gagal Naik Podium

Kautsar Halim    •    13 November 2016 22:42 WIB
motogp valencia
Lorenzo Tak Tersentuh, Rossi Gagal Naik Podium
Selebrasi kemenenangan Jorge Lorenzo. (AFP PHOTO / JAVIER SORIANO)

Metrotvnews.com, Valencia: Jorge Lorenzo berhasil menjadi yang tercepat pada ajang MotoGP Valencia, Minggu 13 November. Tren positif itu ia raih setelah melahap 30 putaran Sirkuit Comunitat Valenciana - Ricardo Tormo dalam tempo, 45 menit 54.228 detik.

Lorenzo yang tergabung dengan tim Yamaha Movistar seakan tidak memiliki hambatan untuk memenangkan MotoGP Valencia. Ia mengawali balapan dengan modal pole position, dan berhasil menjaga jarak lebih dari semenit dengan lawan-lawannya hingga finis.

Pertarungan sengit justru terlihat dari perebutan posisi kedua yang dilakukan oleh Andrea Iannone, Marc Marquez, dan Valentino Rossi. Ketika ketiganya saling bersaing, Maverick Vinales dari tim Suzuki Ecstar malah asyik membuntuti dari posisi kelima.

Marquez yang sudah mengunci gelar juara dunia MotoGP 2016 tidak tampil mengalah begitu saja. Meski tarikannya kurang mantap ketika melakukan start, pembalap Repsol Honda itu tetap mampu finis di belakang Lorenzo. Demi merebut posisi keduanya, Marquez harus bersaing sengit dengan Iannone dan Rossi.

Rekan setim Lorenzo, Valentino Rossi sempat tampil meyakinkan ketika mengawali balapan. Ia sempat berada di urutan kedua, atau paling buruk hanya tersalip Iannone hingga turun ke posisi tiga. Sayang, kondisi itu langsung dibuyarkan Marquez, hingga akhirnya The Doctor gagal naik podium karena finis di urutan keempat.

Terdapat empat pembalap yang gagal finis dalam MotoGP Valencia, di antaranya Dani Pedrosa yang baru pulih cedera dan Cal Crutchlow dari tim LCR Honda. Pedrosa gagal finis karena terjatuh ketika menaklukkan salah satu tikungan pada lap ke-7. Sementara itu, Crutchlow hanya bertahan selama 14 putaran. 

Berikut hasil lengkap MotoGP Valencia, Minggu (13/11/2016):

 


(KAU)