MotoGP Aragon

Comeback Rossi Mengejutkan Para Penghuni Podium

Kautsar Halim    •    24 September 2017 23:42 WIB
jorge lorenzomarc marquez
Comeback Rossi Mengejutkan Para Penghuni Podium
Valentino Rossi. (AFP PHOTO / JAVIER SORIANO)

Metrotvnews.com, Alcaniz: Pembalap Yamaha Movistar Valentino Rossi memang hanya finis di urutan lima di ajang MotoGP Aragon. Akan tetapi, perjuangan selama balapan malah menuai pujian dari para penghuni podium juara.

Podium juara MotoGP Aragon dikuasai para pembalap  tim Repsol Honda, yakni Marc Marquez dan Dani Pedrosa. Secara mengejutkan, keduanya finis pertama dan kedua.

Satu tempat lagi di podium juara diisi oleh Jorge Lorenzo yang tergabung dengan tim Ducati. Ia juga tampil tidak seperti biasanya karena bisa finis di urutan tiga.


Klik: Klasemen Para Pembalap Usai MotoGP Aragon


Meski bangga bisa berdiri di podium, ketiganya tidak menganggap remeh para rivalnya di Sirkuit Motorland Aragon. Terlebih lagi, di antara mereka terdapat Valentino Rossi yang baru pulih cedera patah kaki.

Bagi mereka, penampilan yang ditunjukkan The Doctor sangat luar biasa. Mereka sama sekali tidak menyangka Rossi bisa memulai balapan dari urutan tiga dan sempat memimpin pada awal balapan.

"Dia bisa tampil di sini setelah cedera patah kaki saja sudah sangat luar biasa. Saya pikir tidak ada pembalap lain yang seperti itu," ujar Marquez yang finis terdepan dengan catatan waktu 42 menit 06.816 detik.

"Kemudian, dia (Rossi) hanya finis seper sekian detik saja di belakang Vinales yang menggunakan motor sama dan tidak dihantui cedera. Bakat Rossi benar-benar membuat perbedaan di sini," tambah Baby Alien.
 

Klik: Tim Repsol Honda Mendominasi MotoGP Aragon


Pedrosa yang finis kedua dengan selisih waktu kurang dari sedetik dengan Marquez juga tak segan mengutarakan kekagumannya kepada Rossi. Menurutnya, The Doctor bisa bertarung dengan baik berkat semangatnya yang luar biasa. 

"Tiap cedera berbeda-beda. Terkadang Anda butuh waktu pulih lebih lama dan terkadang Anda juga bisa pulih lebih cepat. Tapi yang pasti, semangat dia (Rossi) untuk tetap balapan di sini adalah yang paling penting," ujar Pedrosa.

"Pada kualifikasi kemarin, Rossi sangat cepat. Kemudian pada hari ini, Rossi juga sempat memimpin pada awal balapan. Itu benar-benar mengejutkan," tambahnya.

Sementara itu, Lorenzo yang merupakan mantan rekan setimnya mengatakan sudah tidak aneh lagi dengan performa Rossi di lintasan. Namun yang membuatnya heran adalah proses pemulihan cederanya yang begitu cepat.

"Tekadnya untuk sembuh sangat luar biasa. Padahal tubuh orang yang berusia 38 tahun dengan 15 tahun sungguh berbeda," ujar Lorenzo.

Sebelum melakoni MotoGP Aragon, Rossi terpaksa absen mengikuti MotoGP San Marino karena kakinya patah saat berlatih ketahanan tubuh menggunakan motocross. Menariknya, cedera parah seperti itu hanya butuh waktu 22 hari saja untuk pulih

Yakin cederanya pulih, Rossi memilih mengikuti rangkaian balapan MotoGP Aragon sejak Jumat lalu. Itu cukup mengejutkan karena pihak dokter memprediksi cedera patah kaki Rossi baru bisa pulih dalam kurun waktu 30 - 40 hari. (crash)  




(KAU)