Jelang MotoGP Italia 2017

Kecelakaan Paling Mengerikan Rossi di Arena Motocross

A. Firdaus    •    02 Juni 2017 09:19 WIB
motogp 2017
Kecelakaan Paling Mengerikan Rossi di Arena Motocross
Pembalap Yamaha Valentino Rossi (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Mugello: Valentino Rossi telah diizinkan untuk tampil pada MotoGP Italia yang digelar di Sirkuit Mugello akhir pekan ini. Keputusan itu telah diumumkan usai pembalap Movistar Yamaha itu menjalani tes medis di Autodrome del Mugello, Kamis 1 Juni.

Meski sudah dinyatakan fit, Rossi menganggap dirinya beruntung selamat dari kecelakaan tersebut. Sebab sepanjang kariernya membalap, kecelakaan yang terjadi di arena motocross di Cavallara itu dianggapnya paling mengerikan.

Akibat kecelakaan tersebut, Rossi mengalami trauma dan merasa sakit di bagian perut dan dada hingga sulit bernapas. Cedera itu lantaran ia salah perhitungan dalam mendarat.

Klik di sini: Satria Muda Coba Pertahankan Dua Pemain Senior

"Saya berada di Cavallara, yang merupakan salah satu trek motocross favorit saya. Sayangnya saat pendaratan usai melompat, saya mendarat satu meter di luar jalur di mana tanah terasa lunak," ujar Rossi.

"Jadi saat saya mendarat, motor berhenti dan saya melewati bagian depan, dan terkena stang di sini (menunjuk ke perut) dan juga sebuah benturan keras ke tanah," sambungnya.

"Itu adalah kecelakaan yang mengerikan. Sangat menyakitkan. Terutama di perut dan di depan. Saya menginap semalam di rumah sakit, karena sulit bernapas. Tapi juga saat saya pulang saya punya dua atau tiga hari di mana saya masih merasakan sakit. Saya sempat berpikir negatif tentang balapan," terangnya.

Klik di sini: Sebastian Vettel Enggan Jemawa

Selain menggeluti dunia MotoGP, Rossi juga aktif bertarung di arena tanah seperti motocross. Bahkan The Doctor punya sirkuit motocross sendiri di Ranch, Tavullia. Tapi ia menganggap kecelakaan di Cavallara itu membuatnya takut dan menganggap insiden itu bisa mengakhiri karier motocross-nya.

"Saya selalu mengendarai motorcross, begitu pun setelah insiden 2010 (saat dia cedera di motorcross), karena saya menyukainya, saya sangat menikmatinya dan saya pikir ini adalah latihan terbaik untuk fisik dan mental. Tapi saya sempat berpikir setelah kecelakaan ini karier saya di motocross mungkin sudah berakhir!", Rossi tersenyum.

Dengan demikian, dalam sepekan lalu Rossi telah mengalami kecelakaan dua kali. Selain di ajang motocross, ia juga terjatuh pada balapan MotoGP Prancis di sirkuit Le Mans. Ketika itu di lap terakhir ia terjatuh setelah bersaing dengan rekan setimnya, Maverick Vinales dalam memperebutkan posisi pertama.

Rossi Absen dalam Jumpa Pers MotoGP Italia
 


(FIR)