Pembalap MotoGP

Redding Merasa Tak Kompetitif saat Balapan di Trek Basah

Ahmad Garuda    •    06 November 2016 10:29 WIB
pembalap motogp
Redding Merasa Tak Kompetitif saat Balapan di Trek Basah
Scott Redding selalu merasa tak kompetitif balapan di trek basah. MotoGP

Metrotvnews.com, Sepang: Ketika beberapa pembalap berharap agar balapan berlangsung dalam kondisi cuaca hujan di MotoGP Malaysia (30/10/2016) lalu, Scott Redding malah berharap trek kering. Padahal kesempatan untuk meraih kemenangan biasanya terbuka lebar bagi pembalap tim satelit dalam kondisi ini.

Pemicu utamanya adalah karena Ia tak pernah bisa meraih hasil kompetitif jika balapan dalam kondisi basah. Ia merasa grip ban belakang tidak pernah sejalan dengan apa yang Ia inginkan. Tak heran jika Ia mulai pasrah jika tahun depan tak mendapat jatah paket motor yang sama dengan pembalap tim pabrikan Ducati.

Kecuali jika Danilo Petrucci sudah dipastikan keluar dari tim Pramac Ducati dan Redding jadi satu-satunya pembalap bertahan di sana. Artinya tahun depan kemungkinan besar Ia bakal mendapat paket motor setara motor tim pabrikan yang nantinya digunakan oleh Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso.

"Sebenarnya paket motor yang kami gunakan di tim Pramac Ducati, tidaklah buruk. Tapi jika saja kami punya paket yang sama dengan tim pabrikan, itu akan membuat pengembangan berjalan beriringan. Mungkin saja jika Ducati bisa melakukan sedikit riset untuk motor yang kami gunakan, bisa jadi kami lebih kompetitif. Karena setiap kami balapan dalam kondisi trek basah, kami selalu mengalami masalah besar saat trek basah," klaim Redding.

Ketika pria dengan tubuh jangkung itu menuntut kesetaraan dengan tim manufaktur, namun Ia memprediksi tahun depan, mungkin Ia akan lebih cocok dengan Ducati GP16. Lantaran jika mengacu pada gaya balap Lorenzo dan Dovizioso, keduanya punya gaya yang tidak agresif. Artinya GP17 mungkin lebih user friendly ketimbang GP16. Jadi diprediksi bakal ada pergeseran karakter Ducati di MotoGP 2017.


(UDA)