Tes Resmi MotoGP di Phillip Island

Tak Ada Winglet Menjadi Sangat Terasa di Phillip Island

Krisna Octavianus    •    19 Februari 2017 11:18 WIB
motogp 2017
Tak Ada Winglet Menjadi Sangat Terasa di Phillip Island
Jorge Lorenzo (Foto: afp)

Metrotvnews.com, Phillip Island: Pembalap Ducati, Jorge Lorenzo mengatakan tidak adanya winglet di motor MotoGP tampak jelas dampaknya selama tes resmi pra musim di Sirkuti Phillip Island, Australia. Ia juga menyebut tak adanya winglet membuat Ducati merugi.

Setelah Ducati memperkenalkan winglet atau sayap di motor mereka pada musim, penggunaan winglet kemudian dilarang pada musim 2017. Kini, setiap tim sedang berpikir keras untuk membuat pengganti winglet. Terlihat beberapa tim sekarang menggunakan fairing terbaru demi mengatasi aerodinamis motor.

BACA: Indonesia Bebas dari Sanksi Badan Antidoping Dunia

Dengan Ducati diharapkan untuk menjaga rahasia solusinya sampai musim pembuka di Qatar, Lorenzo menyelesaikan tes Ducati pertamanya di Valencia November lalu dengan winglet. Ia kemudian terpantau tak memakai winglet lagi pada tes resmi di Sepang dan Phillip Island dalam beberapa pekan terakhir.


(Contoh winglet di motor Ducati. Foto: cycleworld)

Juara dunia tiga kali MotoGP itu mengungkapkan "keberhasilan" kerja winglet tergantung pada tipe sirkuit. Ia mengatakan winglet akan sangat berguna bagi motor ketika di sirkuit Phillip Island.

"Di Sepang kami tidak merasakan perbedaan yang begitu banyak, tapi di Phillip Island Anda merasakannya, terutama dengan angin," katanya.

"Saat gigi keenam, ban depan mulai bergerak dan Anda perlu untuk memotong sebelumnya. Sepang lebih stop-and-go dan kami tidak merasa begitu banyak manfaat dari winglet. Sudah jelas bahwa Ducati adalah yang paling canggih dalam arti itu dan dengan aturan baru itu kehilangan salah satu keuntungan itu," ungkapnya.

"Kami harus memiliki motor yang berbeda untuk membuat itu dan tidak kehilangan begitu banyak ketika berputar," harapnya.

BACA: Mari Berselancar di Muara Sungai Kampar

Dari tiga kali tes resmi di Valencia, Sepang, dan Phillip Island, Ducati belum menunjukkan tanda-tanda memuaskan, khususnya untuk Lorenzo. Terbaru, saat melakoni tes di Phillip Island, pembalap asal Spanyol itu belum bisa menyodok untuk masuk tiga besar.

 


(KRS)