MotoGP Jepang

Pakai Motor Tim Pabrikan, Tak Jamin Barbera Kompetitif

Ahmad Garuda    •    14 Oktober 2016 10:40 WIB
motogp jepang
Pakai Motor Tim Pabrikan, Tak Jamin Barbera Kompetitif
Pakai motor tim pabrikan, tak jamin Hector Barbera bisa bertarung meraih hasil terbaik. Ducati

Metrotvnews.com, Jepang: Terkadang beberapa pembalap tim satelit beranggapan mereka bisa tampil kompetitif jika menggunakan motor tim pabrikan. Seperti yang diyakini oleh Hector Barbera yang langsung pasang target tinggi usai didaulat menggantikan posisi Andrea Iannone di MotoGP Motegi, Jepang (16/10/2016) akhir pekan ini.

Ia menganggap bahwa dengan menunggangi motor yang terbaik, bakal jadi kuncian baginya untuk tampil kompetitif. Namun Padahal Ia juga harus sadar bahwa perubahan karakter di motor MotoGP sedikit saja, akan sangat berpengaruh pada gaya balap atau penyesuaian pembalap pada motor.

Andrea Dovizioso sebagai pembalap utama di Ducati pun angkat bicara soal ini. Ia bukannya tak senang jika Barbera didaulat sebagai pembalap pengganti Iannone. Tapi jika Barbera langsung pasang target tinggi tanpa melihat hasilnya di sesi latihan, maka mungkin itu terasa berlebihan.

"Saya tahu Barbera cukup detail. Kami pernah saling bertarung di GP250 dengan sangat ketat dan saya anggap Ia adalah pembalap yang cukup cepat. Jelas menarik melihat bagaimana Ia beradaptasi dengan motor ini. Terkadang pembalap tim satelit menganggap bisa tampil lebih baik jika motornya juga lebih baik. Memang bisa jadi keuntungan terbesar, tapi nyatanya tidak selalu seperti itu," papar Dovi.

Dovi menegaskan bahwa paling tidak harus ada proses penyesuaian, karena karakter tiap-tiap motor berbeda. Meski menunggangi motor yang lebih baik, belum tentu hasilnya lebih baik dari pada saat Ia menjadi pembalap tim satelit.


(UDA)