MotoGP Spanyol 2018

Pedrosa Enggan Salahkan Lorenzo atas Insiden di Jerez

M. Rizky Adhestian    •    07 Mei 2018 14:22 WIB
MotoGP 2018
Pedrosa Enggan Salahkan Lorenzo atas Insiden di Jerez
Dani Pedrosa (duduk) dan Jorge Lorenzo (berdiri) usai insiden di Sirkuit Jerez Spanyol (Foto: AFP/Javier Soriano)

Jerez: Dani Pedrosa menegaskan dirinya bukan ingin mengajukan banding untuk memberi Jorge Lorenzo hukuman saat menghampiri direktorat balapan. Pembalap Repsol Honda itu hanya ingin meminta kejelasaan soal keputusan pihak direktorat balapan.

Drama terjadi ketika balapan di Sirkuit Jerez Spanyol Minggu 6 Mei tadi malam menyisakan delapan lap lagi. Insiden tabrakan melibatkan tiga pembalap yang sedang berebut posisi kedua.

Jorge Lorenzo yang berusaha mempertahankan posisinya harus bersenggolan dengan Pedrosa yang ingin menyalip dari sisi dalam tikungan keenam. Kedua rider yang akhirnya terjatuh usai bersenggolan juga membuat Andrea Dovizioso ikutan terjatuh karena motornya terhalang.

Sulit menilai siapa biang keladi atas insiden yang menyebabkan kerugian besar tersebut. Direktorat balapan menganggap hal tersebut adalah sebuah kecelakaan biasa, bukan seperti saat Marc Marquez menyenggol Valentino Rossi di GP Argentina.

Baca: Pedrosa dan Duo Ducati Tabrakan, Marquez Juara MotoGP Spanyol


Pedrosa merasa tidak puas dengan keputusan tersebut. Namun, pembalap asal Spanyol itu menegaskan dirinya tidak ingin membuat Lorenzo terkena penalti.

"Apa yang saya inginkan adalah mereka (direktorat balapan) mengerti bahwa saya tidak ingin Jorge (Lorenzo) dikenai penalti, karena saya tidak setuju dengan keputusan mereka. Saya ingin mereka benar-benar paham apa yang terjadi di trek, sebab mereka tidak mengerti," kata Pedrosa.

"Saya tidak marah bahwa mereka menyerahkan itu pada rider arena jika saya mau banding dan saya mau Jorge dihukum, bisa saja. Tapi tidak, saya menentang keputusan mereka. Itu hal yang berbeda," sambungnya.

Insiden tersebut membuat Pedrosa gagal menyentuh garis finis untuk kedua kalinya dalam empat balapan terakhir. Sebelumnya rekan satu tim Marc Marquez itu harus terjatuh pada GP Argentina yang digelar 8 April lalu. (Crash)

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Marquez Raih Podium Pertama di GP Spanyol


(ASM)