MotoGP 2017

Marc Marquez Juara Paruh Musim MotoGP 2017

Achmad Firdaus    •    03 Juli 2017 23:17 WIB
marc marquezmotogp 2017
Marc Marquez Juara Paruh Musim MotoGP 2017
Selebrasi Marc Marquez usai merebut kemenangan ke-8 secara beruntun di MotoGP Jerman (Foto: AFP PHOTO / ROBERT MICHAEL)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pelan tapi pasti, Marc Marquez mulai menyodok ke posisi terdepan dalam perburuan gelar MotoGP 2017. MotoGP Jerman, akhir pekan kemarin menjadi titik balik kebangkitan sang juara dunia musim lalu.

Marquez melanjutkan supremasinya pada seri ke-9 di Sirkuit Sachsenring, Minggu 2 Juli. Memulai start dari pole position, Marquez berhasil memenangi duel dengan pembalap tuan rumah Jonas Folger (Monster Yamaha Tech3) untuk merebut kemenangan ke-8 secara beruntun di MotoGP Jerman.

Penampilan impresif Marquez rupanya tidak diikuti tiga rival utamanya, Maverick Vinales, Valentino Rossi dan Andrea Dovizioso yang berturut-turut finis di posisi empat, lima dan delapan.

Dengan hasil ini, Marquez berhak tampil sebagai juara paruh musim. Ia langsung menyodok ke puncak klasemen sementara dengan koleksi 129 poin, unggul lima poin dari Maverick Vinales di posisi dua.
 

Baca: Marc Marquez Belum Tertandingi di MotoGP Jerman


Pencapaian ini terbilang cukup mengejutkan. Pasalnya sejak seri perdana, Marquez tidak pernah berada di puncak klasemen. Ia bahkan sempat dua kali gagal mendulang poin usai terjatuh di GP Argentina dan Prancis. Pada seri ke-6 di Mugello, Italia, awal bulan lalu, ia juga sempat pesimistis terkait peluangnya mempertahankan gelar juara karena selisih poin yang cukup jauh dengan Vinales.

"Tiga seri sebelumnya saya masih tertinggal 37 poin (dari Vinales). Tapi, sebelum balapan di Assen (GP Belanda), saya menerima pesan WhatsApp dari Santi Hernandez (kepala kru teknik Honda) dan dia mengatakan, 'Jangan khawatir Marc, kamu akan memimpin klasemen ketika masuk libur musim panas (paruh musim)'," Marquez memulai cerita.

"Kemudian saya balas (dengan nada bercanda), 'oke, semalam kamu habis minum apa?' karena kami sangat terbuka. Pada akhirnya, kita harus percaya pada diri sendiri dan meyakini pekerjaan kami. Kami harus terus berjuang seperti yang biasa kami lakukan," lanjutnya.
 

Baca juga: Klasemen Para Pembalap Usai MotoGP Jerman


Kini, Marquez bisa tenang menjalani libur musim panas, sebelum kembali bekerja keras pada paruh kedua yang dimulai dari MotoGP Republik Ceko di Sirkuit Brno, 6 Agustus 2017.

"Senang rasanya menjalani liburan dengan menempati puncak klasemen. Memang, hanya lima poin, tapi itu lebih baik ketimbang memasuki libur dengan posisi tertinggal lima poin," tandasnya.

Meski kompetisi MotoGP akan memasuki masa libur selama kurang lebih satu bulan, namun Marquez tidak sepenuhnya bisa menghabiskan waktu tersebut dengan berlibur. Sebab, pada 17-18 Juli mendatang, Marquez bersama dengan rekan setimnya, Dani Pedrosa dan Cal Crutchlow (LCR Honda) akan menjalani sesi tes di Sirkuit Brno.

Video: ?Marquez Juara MotoGP Jerman
 


(ACF)