Jelang MotoGP Italia 2017

Sirkuit Mugello, Surga yang Kini Bikin Rossi Penasaran

A. Firdaus    •    31 Mei 2017 08:15 WIB
motogp 2017
Sirkuit Mugello, Surga yang Kini Bikin Rossi Penasaran
Meski Rossi memiliki catatan kemenangan terbanyak di Sirkuit Mugello, tapi ia belum pernah menjuarai seri ini sejak 2008 (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Mugello: Akhir pekan ini MotoGP akan menggelar seri keenam Grand Prix Italia. Balapan bakal digelar di Sirkuit Mugello.

Sirkuit yang dibangun pada 1974 memiliki perpaduan tikungan cepat dan lambat. Dengan mempunyai panjang lintasan 5,2 kilometer, Mugello juga menuntut para keahlian pembalap karena memiliki trek lurus dan diteruskan dengan beberapa tikungan tajam.

Mugello mulai resmi menggelar seri MotoGP pada 1994. Meski demikian, pada 1992 Mugello sudah menghelatnya sekaligus mengujicoba kelayakan trek, yang kala itu dimenangkan pembalap asal Amerika Serikat, Kevin Schwantz.

Klik di sini: Kemenpora Alihkan Anggaran Olympic Center Sebesar Rp465 Miliar

Valentino Rossi bisa dianggap rajanya Mugello. Sebab pembalap asal Italia itu telah tujuh kali menjuarai seri ini. Hebatnya lagi pencapaian itu dilakukannya secara beruntun, mulai dari 2002 hingga 2008.

Rossi mengalahkan pendahulunya, Michael Doohan asal Australia dan rivalnya Jorge Lorenzo yang masing-masing telah meraih podium utama sebanyak lima kali.

Meski menjadi pembalap tersering yang menaklukkan sirkuit Mugello, Rossi justru kurang beruntung pada delapan balapan terakhir. Pasalnya, The Doctor belum pernah lagi menjuarai seri ini, sejak terakhir kali ia torehkan pada 2008.

Bisa dikatakan Mugello merupakan surga buat Rossi, tapi sekaligus menjadi rasa penasaran buat pembalap berusia 38 tahun tersebut.

Sementara untuk urusan pencatat lap tercepat jatuh ke tangan Andrea Iannone dengan catatan waktu 1 menit 46.489 detik. Ketika itu pembalap berjuluk The Maniac Joe masih membela Ducati  pada 2015.

Kemenangan Terbanyak Kelas MotoGP:
Valentino Rossi (7 kali)
Michael Doohan, Jorge Lorenzo (5 kali)
Marc Marquez, Dani Pedrosa, Casey Stoner, Alex Barros, Loris Capirossi, Alex Criville, Luca Cadalora, Kevin Schwantz (1 kali)

Catatan Lap Tercepat
2015: Andrea Iannone (Ducati) 1 menit 46.489 detik.

Panjang Lintasan: 5,2 km


(FIR)