Gagal di MotoGP Austin, Espargaro akan Geber Dua Sesi Uji Coba

Kautsar Halim    •    26 April 2017 21:31 WIB
motogp 2017
Gagal di MotoGP Austin, Espargaro akan Geber Dua Sesi Uji Coba
Aleix Espargaro bersama kru Aprilia Gresini. (AFP PHOTO / MOHD RASFAN)

Metrotvnews.com, Austin: Pembalap Aprilia Gresini Aleix Espargaro mengaku sangat kecewa dengan pencapaiannya di ajang MotoGP Austin pada akhir pekan lalu. Oleh karena itu, ia bertekad memperbaikinya lewat sesi uji coba di Italia di Prancis dalam waktu dekat ini.

Wajar jika Espargaro kecewa. Pasalnya, ia bersama motor RS-GP yang dikendarainya jatuh sebanyak tiga kali saat sesi latihan bebas ketiga (FP3) dan kualifikasi karena performa mesin yang kurang sempurna. Tidak selesai sampai di situ, Espargaro juga finis paling buncit ketika hari balapan tiba.


Klik: Sean Gelael di Mata Teknisi Pertamina Arden


Espargaro yang digadang-gadang bisa finis di urutan 10 besar malah berada peringkat paling buncit dengan torehan waktu yang sangat buruk, yakni overlap sebanyak dua putaran. Menurut Espargaro, itu terjadi karena permasalahan ban depan atau bukan performa mesin.

"Sejak awal, saya tidak bisa menghentikan motor karena kehilangan kendali dengan bagian depan motor. Waktu tiap putaraan yang dilewati juga semakin buruk dan saya hanya bisa menjaga kondisi agar tidak kecelakaan," ujar Espargaro.

"Saya benci berhenti. Tapi, saat itu sangat mustahil untuk mengendalikan motor. Baru melahap sekitar enam atau tujuh putaran, ban depan saya sudah benar-benar hancur. Dari situ, mekanik saya memutuskan untuk mengganti ban depan, sebelum melanjutkan balapan kembali," tambahnya.


Klik: Kekecewaan Scott Redding Usai Gagal Tembus 10 Besar di Austin


Kegagalan di ajang MotoGP Austin tidak menjadikan Espargaro patah semangat. Pasalnya, ia bersama timnya sudah berencana mengevaluasi penampilan lewat sesi uji coba di Italia dan Prancis.. Uji coba di Italia akan berlangsung di Sirkuit Mugello, sedangkan tes di Prancis terselenggara di Circuit de la Sarthe, Le Mans.

"Satu hal yang perlu dilakukan saat ini adalah melupakan hasil pekan lalu. Selanjutnya saya akan mengendarai motor selama 48 jam di Mugello untuk melakukan tes. Bencana yang terjadi pekan ini benar-benar komplet. Tidak ada hasil positif yang didapat dalam balapan meski kami sudah memiliki progres cukup banyak di lintasan," papar Espargaro.

"Saya tak sabar untuk menjajal motor di Mugello selama dua hari. Setelah itu, kami akan ke Le Mans (Italia) untuk melakukan tes kembali sebelum menuju ke seri selanjutnya di Jerez," tambah pembalap asal Spanyol tersebut.   

Espargaro yang sebelumnya membela Suzuki Ecstar sengaja diboyong Aprilia untuk mengarungi musim 2017. Penampilan perdananya dengan pabrikan Italia itu terbilang cukup baik karena mampu finis di urutan enam MotoGP Qatar. Sayangnya, setelah itu ia malah gagal finis di MotoGP Argentina dan berada di urutan paling buncit di MotoGP Austin. (crash)

 


(KAU)