Tes MotoGP

KTM Racing Hanya Bisa Turunkan Smith untuk Tes Jerez

Ahmad Garuda    •    24 November 2016 12:47 WIB
tes motogp
KTM Racing Hanya Bisa Turunkan Smith untuk Tes Jerez
Bradley Smith jadi satu-satunya pembalap utama yang menjalani sesi tes di tim KTM Racing

Metrotvnews.com, Jerez: Senasib dengan Jorge Lorenzo, Pol Espargaro juga merasakan tak bisa turun di sesi tes privat tim-tim balap MotoGP di Sirkuit Jerez, Spanyol mulai Rabu (23/11/2016). Lantaran kontraknya baru akan habis setelah 31 Desember nanti. Jadi saat ini Ia masih berstatus bagian dari Yamaha.

Kondisi ini membuat Bradley Smith harus turun sendiri melakukan sesi pengetesan. Ia bersama test rider tim KTM Racing yaitu Mika Kallio dan Mike Leitner menemani pengetesan yang dilakukan Smith. Smith belum bisa tampil maksimal, karena kondisi cedera lututnya yang masih cukup bermasalah.

"Senang rasanya Kallio menemaniku melakukan sesi tes di Jerez ini, Espargaro juga datang, tapi Ia harus mematuhi peraturan yang ada dengan Yamaha. Kami punya target utama untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya, agar tim tahu apa yang mereka butuhkan untuk riset di musim libur ini," bangga Smith.

Di sesi tes hari pertama, ada beberapa masukan yang diberikan kepada tim KTM. Tapi masih sebatas masukan untuk pengembangan. Mereka baru akan melakukan pengetesan beberapa komponen baru di hari kedua. Agar penyamaan persepsi sudah ada sebelum melakukan setup terbaru.

"Kami mendapat banyak sekali informasi sebagai masukan. Hal positifnya adalah karena masalah yang saya rasakan di motor ini, ternyata juga dirasakan oleh Kallio. Sehingga fokus tim untuk melakukan setup, juga bisa dilakukan lebih cepat."

Tentunya banyak yang bertanya-tanya tentang Smith justru mendapat izin untuk melakukan tes, padahal Ia berasa; dari tim yang sama dengan rekan setimnya itu. Jawabannya adalah kesepakatan kontrak yang dipegang oleh Smith, Ia tanda-tangani dengan tim Tech3 Yamaha. Sementara Pol Espargaro yang nasibnya sama dengan Jorge Lorenzo, menjalin kerja sama langsung dengan Yamaha.


(UDA)