Tes Pramusim MotoGP di Qatar

Yamaha Mulai Bangkit pada Hari Ketiga

Kautsar Halim    •    04 Maret 2018 08:25 WIB
MotoGP 2018
Yamaha Mulai Bangkit pada Hari Ketiga
Johann Zarco. (Foto: Twitter)

Lusail: Tes pramusim MotoGP di Sirkuit Internasional Losail, Qatar telah selesai pada Minggu 4 Maret dini hari WIB. Perhelatan hari terakhirnya berlangsung makin menarik karena sekaligus juga untuk menjajal lintasan dalam kondisi basah.

Simulasi balapan basah hanya berlangsung sekitar sejam, yakni pada pukul 08.00 - 09.00 malam waktu setempat. Meski tergolong singkat namun para pembalap maupun penyelenggara bisa bereksperimen dengan baik.

Pembalap Suzuki Ecstar, Andrea Iannone, harus absen pada hari terakhir karena perutnya bermasalah. Kendala itu sangat disayangkan terjadi karena Iannone sempat menjadi yang tercepat pada tes pramusim hari kedua.


Klik: CLS Knights Indonesia Terhempas dari Play Off ABL


Para pembalap yang menggunakan motor Yamaha YZR-M1 bisa dibilang mampu mendominasi hari terakhir. Sebab, terdapat tiga pengendaranya yang berada di urutan lima besar.

Valentino Rossi yang tidak menonjol pada hari sebelumnya, sudah tampil lebih baik. Kini, Rossi membuat kejutan dengan menjadi pembalap tercepat kedua. Tren positif Rossi diikuti juga oleh rekan setimnya, Maverick Vinales, yang berada di peringkat lima.

Meski kecepatan Rossi dan Vinales sudah membaik, namun kedua pembalap Movistar Yamaha itu tetap saja kalah cepat dengan Johan Zarco yang berasal dari tim Monster Tech3 yang merupakan tim satelit Yamaha itu sendiri.


Klik: Janji Setia Marquez untuk Honda


Zarco yang berasal dari Prancis menjadi yang tercepat dengan mengukuhkan waktu 1 menit 54.029. Selain Rossi dan Vinales, Zarco juga tampil lebih baik ketimbang Andrea Dovizioso, Cal Crutchlow, hingga sang juara bertahan, Marc Marquez.

Seluruh pembalap maupun timnya diprediksi tidak langusng meninggalkan Qatar seusai sesi tes pramusim. Besar kemungkinan mereka masih menetap di sana karena seri pertama MotoGP 2018 akan bergulir di tempat yang sama pada 16-18 Maret mendatang. (crash)

Berikut hasil tes pramusim di Qatar pada hari ketiga:



 


(KAU)