Jelang MotoGP Italia 2018

Unggul Raihan Poin, Marquez Tetap Membumi Sambut GP Italia

Kautsar Halim    •    29 Mei 2018 21:58 WIB
MotoGP 2018
Unggul Raihan Poin, Marquez Tetap Membumi Sambut GP Italia
Selebrasi Marc Marquez saat menjuara MotoGP Prancis. (AFP PHOTO / Jean-Francois MONIER)

Florence: Apapun yang terjadi pada MotoGP Italia akhir pekan mendatang, Marc Marquez dipastikan tetap bertengger di urutan teratas klasemen. Itu terjadi karena selisih poin yang terlalu jauh dengan para rivalnya.

Marquez yang berstatus sebagai juara bertahan sudah berhasil mengoleksi 95 poin dari lima seri yang digelar belakangan ini. Torehan tersebut berselisih 36 poin dengan Maveric Vinales yang merupakan lawan terdekatnya.
 

Klik: Dovizioso Anggap Lorenzo tak Cocok dengan Ducati


Menanggapi itu, Marquez tetap mengaku bakal balapan sekuat tenaga di Sirkuit Mugello. Ia tidak ingin sesumbar mengatakan bisa memenangkan GP Italia sekalipun sudah menjalani tes dengan baik pada beberapa pekan lalu.

"Tentu sangat baik bisa balapan di Mugello dengan keuntungan yang kami miliki. Tapi, saat ini masih fase awal musim dan  seri sebelumnya juga telah dilalui dengan ketat. Kami tetap harus membumi dengan keuntungan itu," kata Marquez.

"Kami sudah tes di Mugello sebelum melakoni GP Prancis dan hasilnya sangat konsisten. Itu tentu hasil yang bagus, tapi kami harus melihat situasi menjelang balapan nanti juga," tambahnya.


Klik: Dovizioso Yakin Mampu Kejar Defisit Poin Marquez


Selain sikap membumi, Marquez juga mempersiapkan sejumlah hal teknis terkait balapan nanti. Ia akan berkonsentrasi penuh sembari bekerja sama dengan timnya melakukan persiapan sematang-matangnya.

"Pemilihan ban, setelan motor, temperatur sirkuit dan beberapa hal lainnya tentu menjadi pertanyaan jelang balapan. Contohnya, kondisi akhir pekan nanti diprediksi lebih hangat ketimbang saat tes. Jadi, kami harus tetap konsentrasi mempersiapkan balapan," lanjut pembalap berjuluk Baby Alien tersebut.

Selain diuntungkan dalam segi poin. Marquez juga unggul dalam segi pengalaman. Terhitung, sudah tiga kali dia menang di Sirkuit Mugello, yakni pada MotoGP 2014, Moto2 2011 dan kelas 125 cc 2010. Kemenangan pada 2010 bisa dibilang yang paling berkesan karena merupakan podium pertama Marquez di level Grand Prix.  (crash)
 



(KAU)