Pembalap MotoGP

Vinales Mulai Matang dalam Trik Balap

Ahmad Garuda    •    18 Oktober 2016 11:56 WIB
pembalap motogp
Vinales Mulai Matang dalam Trik Balap
Maverick Vinales mulai matang dalam hal strategi balap. Suzuki Racing

Metrotvnews.com, Jepang: Marc Marquez masuk ke ajang balap MotoGP langsung bisa tampil kompetitif dan juga agresif. Tapi berbeda kondisinya dengan Maverick Vinales. Walaupun langsung sama-sama bernaung di tim pabrikan, namun tim Repsol Honda sudah punya paket sempurna ketimbang Suzuki yang masih meraba-raba.

Namun Maverick Vinales benar-benar menunjukkan bahwa Ia sudah matang dalam hal strategi balapan. Lantaran motor yang tidak sempurna, Ia harus belajar bersabar dan menunggu hingga waktunya benar-benar pas untuk tampil lebih kompetitif. Seperti yang Ia tunjukkan di MotoGP Jepang.

Ia pun mengaplikasi 'late attack' dan memanfaatkan performa lawan yang mulai menurun di akhir balapan. Meski bisa dibilang Ia tertolong dengan terjatuhnya dua pembalap Yamaha saat balapan berlangsung, namun upayanya juga berhasil lantaran berhasil menyusul rekan setimnya yaitu Aleix Espargaro di momentum akhir balapan.

"Saya tahu sirkuit ini punya karakter pengereman yang sangat kuat. Saya memutuskan untuk tampil tak begitu ngotot di awal balapan hiingga pertengahan. Mengingat pentingnya untuk membuat ban lebih awet dan melakukan penyerangan di akhir balapan," kata Vinales.

Trik seperti ini tidak biasanya diaplikasi oleh pembalap dengan darah muda dan masih menggebu-gebu. Tapi Ia sukses melakukannya ketika Marc Marquez juga mulai mengaplikasi strategi yang sama. Ia mampu membaca potensi terbaik motornya dan tak memaksakan jika performanya memang sedang tak berada dalam kondisi maksimal.

Menjelang MotoGP Australia yang berlangsung Minggu (23/10/2016), trik saat balapan adalah hal terpenting. Apalagi ini pertama kalinya Michelin memasok ban di ajang balap MotoGP ini. Dalam kondisi sirkuit dengan temperatur panas, kemungkinan melakuka balapan flag-to-flag bisa saja dilakukan penyelenggara balapan. Jelas Michelin harus punya kompon spesial untuk membuat balapan jadi menarik.


(UDA)