Jelang MotoGP Valencia

Rebut Juara Dunia Tim dan Konstruktor, Tugas Marquez di Valencia

Ahmad Garuda    •    09 November 2016 12:47 WIB
motogp valencia
Rebut Juara Dunia Tim dan Konstruktor, Tugas Marquez di Valencia
Marc Marquez masih punya tugas untuk amankan titel juara dunia untuk tim dan konstruktor. Repsol Honda

Metrotvnews.com, Valencia: Titel juara dunia di kategori pembalap, sudah diamankan Marc Marquez sejak MotoGP Jepang tiga pekan lalu. Tapi tugas pembalap asal Spanyol itu belum berakhir. Ia masih punya tugas berat untuk membawa titel juara dunia bagi timnya dan juga dikonstruktor.

Untuk titel juara dunia di kategori konstruktor, mungkin Honda bisa bernafas sedikit lega, karena keunggulan poin mereka dari pembalap yang menggunakan Yamaha berselisih 21 poin. Artinya, kalau pun pembalap Yamaha mampu meraih kemenangan dan mendominasi posisi finish 5 besar, jika masih ada pembalap Honda yang finish di urutan 10 besar, maka Honda tetap keluar sebagai juara dunia di kategori itu.

Lalu titel juara dunia untuk kategori tim, ini yang akan berlangsung ketat. Akibat terjatuhnya Marc Marquez di MotoGP Australia dan Malaysia, Yamaha mampu mengumpulkan poin yang cukup besar. Sekarang, Movistar Yamaha unggul di klasemen tim dengan 10 poin. Tapi ini bukan keunggulan besar dan berpotensi direbut tim Repsol Honda jika kedua pembalap Yamaha lalai.

"Musim balap belum berakhir, karena masih ada Valencia. Jelas saya akan mencoba untuk tampil kompetitif dan meraih hasil terbaik agar kami bisa merebut hasil terbaik buat tim," klaim Marquez.

Kemenangan ini mungkin tak mudah baginya, apalagi jika balapan berlangsung dalam kondisi trek kering atau normal. Mengingat dominasi Yamaha di MotoGP Valencia 2015 cukup kuat. Sehingga Yamaha masih punya sesuatu yang bisa dirayakan di MotoGP 2016.


(UDA)