Jelang MotoGP Italia 2017

Karakteristik Sirkuit Mugello Bisa Menghambat Pergerakan Rossi

A. Firdaus    •    02 Juni 2017 10:21 WIB
motogp 2017
Karakteristik Sirkuit Mugello Bisa Menghambat Pergerakan Rossi
Pembalap Yamaha Valentino Rossi (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Mugello: Cedera yang dialami Valentino Rossi di dada dan perut sempat membuatnya susah bernapas. Kini ia akan menghadapi tantangan ketika harus menunggangi motor Yamahanya saat balapan MotoGP Italia yang berlangsung di Sirkuit Mugello akhir pekan ini.

Rossi memang telah dinyatakan fit dan siap tampil di Sirkuit Mugello yang merupakan seri keenam MotoGP musim ini. Tapi pembalap berjuluk The Doctor tersebut mengaku tidak dalam kondisi 100 persen.

"Yang pasti saya tidak 100 persen, tapi masih ada waktu untuk memulihkan kondisi saya hingga pada balapan Minggu nanti. Dan saya berharap bisa menjalani balapan dengan baik," ujar Rossi.

Klik di sini: Kemenpora Alihkan Anggaran Olympic Center Sebesar Rp465 Miliar

Setelah melewati masa pemulihan, hal positif yang dirasakan Rossi adalah bisa merasakan mudahnya bernapas. Kini meski sudah merasa baikan, dia masih menunggu apakah ketika menunggangi Yamaha M1 ia tak ada rasa sakit lagi. Apalagi dengan karakter Sirkuit Mugello yang dinilainya karena memiliki trek lurus yang cukup panjang dan tikungan yang tajam.

"Kemarin saya mencoba motor TMax dan setelah itu R6. Saya merasa nyaman di jok dan bisa bergerak tanpa banyak rasa sakit jadi saya cukup optimis, tapi tekanannya tidak sebanding dengan MotoGP," jelas Rossi.

"Untuk mengendarai motor, saya memikirkan dua hal yang sangat sulit. Pergerakan saya di jok, karena arah perubahan, yang mana di Mugello ini cukup parah dan terutama saat Anda menaikkan gas. Di situ Anda perlu bernapas lebih lama dan saya masih memiliki rasa sakit sedikit. Ini adalah bagian yang perlu saya pahami," imbuhnya.

Klik di sini: Gagal Capai Target di ISG, Indonesia Dinilai Sukses dalam Program Pembinaan

Dengan kondisi yang belum 100 persen, Rossi hanya berharap bisa menjalani balapan dengan sukses. Tak ada target tinggi, padahal ia sedang berjuang memperebutkan titel kedelapannya di arena MotoGP.

Dilihat dari papan klasemen, Rossi mulai mengalami penurunan dengan menempati posisi ketiga. Hasil itu disebabkan lantaran ia hanya bisa finis di posisi ke-10 dan terjatuh ketika bersaing memperebutkan posisi pertama pada MotoGP yang berlangsung di Le Mans dua pekan lalu.

Rumah LeBron James Diserang Aksi Vandalisme Rasis
 


(FIR)