MotoGP 2017

Ducati Masih Cari Alternatif Pengganti Winglet Lama

Rendy Renuki H    •    16 Mei 2017 12:41 WIB
motogp 2017
Ducati Masih Cari Alternatif Pengganti <i>Winglet</i> Lama
Winglet yang terpasang di motor Ducati milik Andrea Dovizioso pada Februari 2016 lalu ( AFP PHOTO / Theo Karanikos)

Metrotvnews.com, Jerez: Ducati masih mencari alternatif pengganti winglet lama yang penggunaannya dilarang pada gelaran MotoGP 2017. Tim asal Italia ini sedang mendesain ulang winglet yang terpasang pada motor Desmosedici GP yang dipakai Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso.

Ducati sempat memimpin lomba pengembangan winglet yang dipakai pada MotoGP musim lalu. Namun, larangan penggunaan winglet model lama karena dianggap membahayakan pembalap lain membuat Ducati masih sibuk mencari solusi yang paling tepat.

Saat melakukan uji coba winglet pada sesi tes di Qatar dan Jerez lalu, masih terdapat beberapa kekurangan. Winglet baru Ducati tersebut bisa beroperasi maksimal saat berada dalam kecepatan penuh dan butuh keseimbangan maksimal dari para rider.

(Baca: Fernando Alonso Tunjukkan Penampilan Positif di Ajang Indy 500)


"Saya pikir tidak mungkin bisa mengganti winglet yang dipakai tahun lalu. Kami sedang berusaha untuk mencobanya, tapi sangat sulit. ketika kami mencoba winglet baru, kami menganalisis terdapat kelemahan pada keseimbangan dan itu tak cukup baik saat ini," tutur Dovizioso.

Senada dengan Dovi, Lorenzo pun menilai winglet baru Ducati belum bekerja sempurna. Masih dibutuhkan beberapa uji coba untuk lebih mengetahui titik kelemahan para winglet baru tersebut.

"Secara teoritis, itu adalah solusi terbaik untuk memberikan tekanan kepada ban depan, namun saat ini tidak berdampak menyeluruh. Saat ini yang disarakan adalah lebih banyak titik lemahnya, jadi kami masih harus menyelidikinya lebih lanjut," ujar Lorenzo.

Pada MotoGP musim 2017 ini, para pabrikan memang telah merevisi bentuk winglet yang bisa menambah aerodimanis motor. Namun, hanya tinggal Ducati dan Honda yang belum rampung merevisi model winglet lama mereka. (Motorsport)

Video: Hamilton Juarai GP Spanyol, Vettel Finis Kedua
 


(REN)