Regulasi MotoGP

MotoGP akan Perketat Aturan Fairing pada 2019?

M. Rizky Adhestian    •    08 Februari 2018 22:31 WIB
MotoGP 2018
MotoGP akan Perketat Aturan Fairing pada 2019?
Fairing yang digunakan Ducati saat tampil di MotoGP 2017 (Foto: https://d2d0b2rxqzh1q5.cloudfront.net)

London: MotoGP akan merevisi peraturan lebih spesifik untuk fairing (sayap) aerodinamis di musim 2019. Direktur Teknik MotoGP dikabarkan tengah merancang regulasi yang lebih rinci untuk hal tersebut.

Direktur Teknik MotoGP Danny Aldridge dikabarkan tengah merancang ketentuan untuk fairing yang lebih ketat untuk musim 2019. Jika disetujui oleh komisioner Grand Prix, amandemen untuk peraturan ketentuan tersebut akan mengatur bagaimana yang diizinkan dan tidak diizinkan untuk generasi baru fairing.

Berdasarkan alasan keamanan, sayap eksternal biasa telah dilarang pada akhir musim 2016. Untuk ketentuan lebih spesifik pengganti sayap eksternal yang sebelumnya adalah:
 

Baca: Redding Targetkan Enam Besar Bersama Aprilia


"Bentuk yang menjadi lekukan dari fairing dan tidak menempel dengan body dasar (sayap, sirip, dan lekukan) yang dapat memberikan efek aerodinamis (downforce, aerodynamic wake, dll) tidak diizinkan."

"Direktur Teknis akan menjadi hakim tunggal apakah desain fairing akan benar-benar diterapkan dengan ketentuan di atas."

Semenjak saat itu, Aldridge bersikeras untuk menunjukkan bahwa MotoGP tidak ingin "melarang downforce" hanya untuk membuat fairing atau sayap body lebih aman dengan menempelkannya dengan body dasar dan membatasi modifikasi fairing. Downforce adalah gaya tekanan ke bawah yang dihasilkan dari penggunaan sayap.
 

Baca juga: Menpora Ingin Test Event Jadi Bahan Evaluasi INASGOC


Satu masalah lagi adalah para tim telah memanfaatkan peraturan lain yang mengatakan: "Material boleh dicopot (trimming, drilling of holes, dll) tanpa mempengaruhi material yang diwajibkan, tetapi tidak boleh ditambahkan."

Dengan kata lain, fairing dapat digunakan dalam beberapa konfigurasi, yaitu dengan atau tanpa sistem sayap terpasang sebagian atau sepenuhnya. Perubahan yang ditujukan untuk 2019 akan menekankan kepada desain modular dan juga memberikan beberapa pengukuran yang lebih spesifik mengenai keseluruhan bentuk sayap. (CRASH)

Video: ?Sempat Tertahan Bea Cukai, Peralatan Cabor Atletik Akhirnya Didistribusikan




(ACF)