GP Argentina: Cructhlow Juara, Rossi-Marquez Banyak Drama

Gregah Nurikhsani Estuning    •    09 April 2018 02:36 WIB
MotoGP 2018
GP Argentina: Cructhlow Juara, Rossi-Marquez Banyak Drama
Cal Crutchlow menjuarai MotoGP seri Argentina. (Foto: AFP PHOTO / JUAN MABROMATA)

Dulce River: Cal Crutchlow keluar sebagai yang terbaik pada Moto GP seri Argentina, Minggu 9 April 2018 malam waktu setempat. Kemenangan tersebut diwarnai insiden senggolan antara Marc Marquez dengan Valentino Rossi.

Start balapan sempat tertunda karena nyaris semua pembalap memasuki pit untuk mengganti ban. Ketika dimulai kembali, banyak sekali drama dan insiden, terutama di 15 menit awal balapan.

Dani Pedrosa menjadi salah satu pembalap yang apes. Belum ada satu lap penuh, ia tak bisa menyelesaikan balapan akibat kecelakaan.

Klik: GP Monaco dan Rusia Tetap Munculkan "Gadis Grid"

Rekan setim Pedrosa sekaligus juara bertahan MotoGP, Marquez, bisa menyodok ke posisi pertama setelah berhail menyodok Jack Miller yang sedari start sudah memimpin.

Kendati demikian, secara posisi Marquez berada di tangga ke-19. Sebab, ia mendapatkan ride-through penalty usai motornya mogok jelang dimulainya balapan.

Alhasil, perhatian tertuju pada persaingan empat pembalap memperebutkan podium tertinggi, yakni Alex Rins, Zarco, Jack Miller, dan Cutchlow. Namun, drama sesungguhnya terjadi jauh di belakangnya.

Pada lima lap terakhir, Rossi yang hendak disalip oleh Marquez tak kuasa menyeimbangkan motornya usai disenggol. Ia terjatuh, sementara sang juara bertahan tetap melenggang.

Zarco memimppin hingga lap terakhir, namun akhirnya disalip oleh Crutchlow. Rins menempati posisi ketiga, mengalahkan Miller yang finis satu tingkat di atas Marquez, namun penalti 30 detik membuat The Baby Alien dianggap finis ke-18.

Kemenangan ketiga Crutchlow sepanjang kariernya membuat dirinya kini memuncaki klasemen MotoGP 2018. Ia mengoleksi 38 poin.

Klik: Sean Gelael Raih Enam Poin di Bahrain
 


(KAU)