MotoGP 2018

Dovizioso Tergelincir, Marquez Juara MotoGP 2018

Patrick Pinaria    •    21 Oktober 2018 13:13 WIB
marc marquezMotoGP 2018
Dovizioso Tergelincir, Marquez Juara MotoGP 2018
Marc Marquez (Foto: AFP/Martin Bureau)

Motegi: Marc Marquez memastikan diri sebagai juara MotoGP 2018. Gelar dunia tersebut berhasil digondol pembalap Repsol Honda itu usai memenangkan balapan di MotoGP Jepang, Minggu 21 Oktober.

Kemenangan tersebut membuat Marquez mengoleksi 296 poin di puncak klasemen. Ia unggul 102 poin dari pesaing terdekatnya, Andrea Dovizioso yang berada di posisi kedua. Selisih poin tersebut sudah tidak bisa dikejar lagi lantaran balapan tinggal menyisakan empat balapan.

Butuuh kerja keras bagi Marquez untuk memenangkan balapan MotoGP di Jepang. Mengingat, ia harus start dari posisi keenam.

Baca: Hamilton Start Terdepan di GP AS

Namun, hal itu tidak membuat semangat Marquez padam. Buktinya, ia langsung melesat ke posisi kedua saat balapan dimulai. Ia langsung membayangi Andrea Dovizioso yang melesat di posisi terdepan.

Pada putaran kelima, Marquez mendapat perlawanan Cal Crutchlow. Posisinya direbut oleh pembalap asal Inggris tersebut di tikungan kedelapan. Dovi pun terlihat nyaman di posisi pertama.

Tidak butuh lama bagi Marquez untuk merebut posisi kedua. Tepatnya pada lap ketujuh, ia langsung menyalip Crutchlow.

Perebutan posisi teratas semakin sengit ketika memasuki lap ke-14. Marquez berhasil menyalip Dovizioso di tikungan kesembilan. Namun, Dovi mampu merebut posisi terdepan kembali di tikungan ke-11.

Memasuki lap ke-17, penurunan performa dialami Crutchlow. Pembalap asal Inggris itu mulai tertinggal jauh dari Dovizioso dan Marquez.

Baca: Gregoria Tumbang di Semifinal Denmark Open 2018

Marquez akhirnya mampu merebut posisi terdepan dari Dovizioso pada lap ke-21. Persis seperti di lap ke-14. Marquez mampu menyalip Dovi di tikungan kesembilan.

Nasib apes dialami Dovizioso menjelang akhir balapan. Tepat pada putaran ke-23. Ia harus tergelincir di tikungan kesepuluh. Situasi itu makin membuat Marquez nyaman di posisi terdepan.

Hingga garis finis, Marquez sukses mempertahankan posisinya dan memastikan kemenangan di MotoGP Jepang. Ia diikuti Crutchlow dan Alex Rins yang finis di posisi kedua dan ketiga.

Kemenangan di MotoGP Jepang sekaligus membuat Marquez memastikan juara MotoGP 2018. Ini merupakan gelar kelima Marquez sepanjang kariernya di MotoGP. 

Jika dihitung di seluruh kelas balapan yang diikuti, Marquez sudah memenangkan tujuh gelar. Lima di antaranya adalah MotoGP, sedangkan dua gelar lain didapatnya di Moto2 (1 gelar) dan 125cc (1 gelar).


Berikut hasil lengkap balapan MotoGP Jepang, Minggu 21 Oktober:




Video: Kevin/Marcus Sukses Melangkah ke Final





(PAT)