Jelang MotoGP 2017

Delapan Kandidat Juara MotoGP 2017 Versi Valentino Rossi

Achmad Firdaus    •    23 Maret 2017 16:24 WIB
motogp 2017
Delapan Kandidat Juara MotoGP 2017 Versi Valentino Rossi
Valentino Rossi saat tampil pada sesi tes pramusim di Qatar (Foto: AFP PHOTO / MOHD RASFAN)

Metrotvnews.com, Doha: Pembalap kawakan Italia Valentino Rossi memprediksi bahwa kompetisi MotoGP 2017 akan sulit diprediksi. Itu tidak lepas dari meratanya kekuatan tim-tim dan para pembalap.

Rossi merasa, persaingan di musim ini tidak hanya akan melibatkan dirinya, Marc Marquez, atau Jorge Lorenzo. Ada setidaknya empat sampai lima pembalap lain yang diyakini The Doctor akan membuat persaingan di MotoGP 2017 menjadi lebih sengit.

"Seperti biasanya, level persaingan di MotoGP sangat ketat, termasuk di musim ini. Bahkan bisa lebih ketat. Anda bisa melihat ada tujuh atau delapan pembalap yang akan berusaha memenangi seri pembuka dan bertarung untuk gelar juara," ujar Rossi dalam konferensi pers jelang seri pembuka MotoGP di Sirkuit Losail, Qatar, Minggu 26 Maret atau Senin dini hari WIB.
 

Baca: Profil Tim dan Pembalap MotoGP 2017 (Bagian 1)


Beberapa pembalap lain yang diyakini Rossi bakal jadi ancaman serius di tiap seri balapan di antaranya; Maverick Vinales, Cal Cruthlow, Andrea Iannone, Andrea Dovizioso dan Dani Pedrosa.

"Itu kalau balapan dalam kondisi normal. Jika balapan berlangsung dalam kondisi yang berubah-ubah, setiap pembalap punya peluang untuk menang," imbuhnya.

Balapan malam di Sirkuit Losail, akhir pekan nanti, berpotensi digelar dalam kondisi cuaca yang tidak mendukung. Hujan diprediksi akan mengguyur lintasan pada saat balapan.

Apakah Rossi dan para pembalap lain akan memutuskan tetap turun balapan jika kondisinya hujan? Sebelumnya, ketua keamanan balapan, Mike Webb mengonfirmasi bahwa kepastian jalannya MotoGP Qatar ada di tangan pembalap, walaupun Dorna telah memastikan bahwa balapan tetap aman digelar walau dalam kondisi hujan.
 

Baca juga: Profil Tim dan Pembalap MotoGP 2017 (Bagian 2)


"Bagi saya dan juga para pembalap, kami berharap cuacanya bagus. Karena jika hujan, itu situasi yang tidak normal. Itu buruk, karena akan ada angin kencang, pantulan cahaya lampu dari genangan air di lintasan, dan mungkin banyak pasir yang masuk ke lintasan," tutup Rossi.

Jika nantinya hujan turun, para pembalap akan diberikan waktu untuk menguji lintasan sebelum akhirnya menentukan keputusan bahwa balapan bisa tetap digelar atau harus ditunda -seperti yang terjadi pada 2009 di mana balapan harus ditunda hingga hari Senin. 

Video: ?Marquez dan Pedrosa Optimis di Musim 2017



(ACF)