Jelang MotoGP Valencia

Lorenzo Dilarang Komentar Tentang Ducati Sebelum 2017

Ahmad Garuda    •    09 November 2016 17:38 WIB
motogp valencia
Lorenzo Dilarang Komentar Tentang Ducati Sebelum 2017
Jorge Lorenzo wajib bungkam tentang Ducati sebelum 2017. MTVN/Ahmad Garuda

Metrotvnews.com, Valencia: Yamaha sepertinya tak ingin kecolongan tentang kontrak kerja sama mereka dengan Jorge Lorenzo. Setelah resmi menyatakan tentang proses tes bersama Ducati yang hanya bisa dilakukan Selasa-Rabu (15-16/11/2016), Ia juga dilarang berkomentar apa pun tentang Ducati sebelum 2017.

Kontraknya di Yamaha memang berlaku hingga 31 Desember dan secara pemanfaatan Lorenzo untuk kepentingan pemasaran atau duta, masih berlaku hingga tanggal tersebut. Pelarangan komentar ini berlaku khusus untuk publikasi ke media. Bukan berarti Ia dilarang berkomunikasi dengan tim Ducati saat pengetesan dua hari di Valencia pekan depan.

Hal ini memang membuat pembalap asal Catalan itu merasa sangat kecewa. Lantaran pembalap lain yang juga kesamaan kondisi, dibebaskan oleh timnya sekarang untuk melakukan sesi tes privat. Termasuk Maverick VInales yang bakal diikutsertakan tim Yamaha untuk tes di Sirkuti Jerez, Spanyol akhir November mendatang.

Menurut bos tim Yamaha yaitu Lin Jarvis, ini kasusnya berbeda. "Suzuki dan Vinales serta sponsorship-nya punya kesepakatan yang berbeda dengan yang kami lakukan. Di Yamaha, kami mengalokasikan dana besar untuk merekrut pembalap jawara seperti Lorenzo. Jadi bagian kesepakatan untuk memaksimalkan masa kontrak hingga benar-benar berakhir. Ini berkaitan dengan bisnis Yamaha, bukan hanya kontrak biasa saja."

Tentang kesempatan yang diberikan Yamaha kepada Lorenzo untuk melakukan tes Ducati di Valencia, dikatakan sebagai kesepakatan tidak tertulis antara manufaktur di MotoGP belaka. Tapi kesepakatan itu hanya berlaku di sesi tes dua hari tersebut, setelah itu tak ada lagi yang lain. Jadi Lorenzo harus sabar untuk bisa mendapatkan kebebasan berkomentar tentang Ducati untuk dipublikasi.


(UDA)