Jelang MotoGP Jepang

Aoyama Didaulat Gantikan Pedrosa di Motegi

Ahmad Garuda    •    14 Oktober 2016 17:18 WIB
motogp jepang
Aoyama Didaulat Gantikan Pedrosa di Motegi
Hiroshi Aoyama didaulat jadi pengganti Dani Pedrosa di MotoGP Jepang. Repsol Honda

Metrotvnews.com, Jepang: Dani Pedrosa dipastikan takkan ikut di MotoGP Motegi, Jepang karena cedera patah tulang selangka yang Ia alami Jumat (14/10/2016). Namun tim Repsol Honda tak sulit untuk mencari pembalap pengganti dan langsung menunjuk Hiroshi Aoyama yang merupakan test rider-nya sebagai pembalap pengganti.

Memang Ia tak begitu rutin melakukan sesi tes bersama tim Repsol Honda, tapi statusnya sebagai test rider dan pengalaman menunggangi motor Honda RC213V adalah alasan besar di belakang pengangkatannya.

"Saya turut berduka atas apa yang dialami Pedrosa hari ini. Saya berharap Ia mampu melalui sesi pemulihan dengan cara yang terbaik dan tercepat. Memang ini bukan cara terbaik untuk mengawali balapan, tapi saya akan berupaya keras untuk memberikan hasil terbaik bagi tim," ungkap Aoyama.

Namun pembalap asal Jepang itu takkan menggunakan nomor kebanggaannya selama ini yaitu angka 7, karena sudah digunakan oleh Mike Jones yang menggantikan Hector Barbera di tim Avintia Ducati. Aoyama bakal menggunakan nomor 73 yang pernah Ia gunakan di awal karir balapnya di kelas GP250.

Sebagai gambaran saja, Aoyama sudah pernah menjalani karir reguler di ajang balap MotoGP. Ia sudah menjalani 68 kali start di kelas balap para raja itu. Posisi finish terbaik yang pernah Ia amankan di kelas MotoGP adalah finish keempat di MotoGP Jerez, 2011. Sementara pencapaian terbaik dalam karir balapnya adalah menjadi juara terakhir GP250, sebelum digantikan dengan kelas Moto2 di akhir 2009 silam.


(UDA)