MotoGP 2019

Empat Wajah Baru di MotoGP 2019

Muhammad Al Hasan    •    02 Februari 2019 12:26 WIB
motogp
Empat Wajah Baru di MotoGP 2019
Fabio Quartararo, salah satu rookie MotoGP musim 2019, merupakan pembalap binaan akademi Valentino Rossi (AFP/Josep Lago)

Bagnaia, Mir, Oliveira, dan Quartararo merupakan rookie di MotoGP 2019 mendatang. Mereka naik dari kelasnya masing-masing setelah tampil impresif musim lalu.

Sepang
: Empat wajah baru pembalap pemula atau Rookie akan mewarnai musim balap MotoGP 2019. Dikutip Antara dari Motogp.com, nama-nama itu ialah Francesco Bagnaia (Alma Pramac Racing), Joan Mir (Tim Suzuki Ecstar), Miguel Oliveira (Red Bull KTM Tech 3), dan Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT). 

Bagnaia yang juga juara bertahan Moto2 memulai karir balapnya di Ducati. Di sana ia memiliki karir yang impresif. Ia sendiri berhasil mengakhiri uji Valencia dengan posisi 11 dan di Jerez dengan posisi sembilan. Bahkan Ia berhasil finis di depan Alex Rins (Team Suzuki Ecstar) dan Valentino Rossi (Yamaha Factory Racing). 

Selanjutnya ada Mir, juara dunia Moto3 tahun 2017. Pembalap Spanyol ini akan bertarung dengan menggunakan Suzuki GSX-RR yang terus membaik di bawah kendalinya. 

Mir seakan ingin menunjukan awal mula yang solid untuk pra-musim di uji balap Sepang. Mir cukup menjanjikan dan mungkin akan memberikan penampilan yang mengesankan dalam karir perdananya di MotoGP.

Selanjutnya ada mantan anak didik Rossi dari VR46 Riders Academy, yakni Quartararo, yang akan juga akan menunggangi motor serupa seniornya YZR-M1 di Sepang. Ia cukup gesit di tes pramusim dengan menduduki posisi 16 di Valencia dan posisi 12 di Jerez.

Terakhir, ada Oliveira yang menjadi runner-up Moto2 tahun lalu. Pembalap Portugal itu berada di belakang dalam hal capaian waktu, tetapi, baik dia dan tim Tech 3 baru saja memulai perjalanan mereka dengan KTM dan RC16. Tentu timnya punya harapan besar pada Oliveira untuk membuat kemajuan yang baik selama uji balap tiga hari di Malaysia.

Sirkuit Internasional Sepang akan menjadi saksi siapa pembalap tercepat di antara wajah baru ini. Ajang pembuktian akan digelar dalam uji balap tanggal 6-8 Februari mendatang. 

Video: Pengembangan JIEP Pasca Asian Games 2018