MotoGP 2018

Indonesia Bakal Punya Sirkuit MotoGP di Mandalika

Ilham wibowo    •    23 Oktober 2018 20:09 WIB
motogp
Indonesia Bakal Punya Sirkuit MotoGP di Mandalika
Sirkuit MotoGP bakal dibangun di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Lombok (Foto: ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Jakarta: Rencana pembangunan sirkuit standar Grand Prix Sepeda Motor atau MotoGP di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) tetap berjalan. Proyek ini ditargetkan rampung pada 2021. 

"Progresnya belum sampai bangun, tapi tanah sudah disiapkan alokasinya untuk ini (pendanaan) sudah disiapkan,” kata Deputi Bidang Koordinasi Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kemenko Bidang Perekonomian, Wahyu Utomo, ditemui di Golden Boutique Hotel, Jakarta Pusat, Selasa, 23 Oktober 2018. 

Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) yang dikelola PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) saat ini masih berupaya mendorong investor untuk dapat segera merealisasikan rencana investasinya. Menurut Wahyu, para investor masih mengkaji fasilitas pendukung distrik hiburan dan olahraga terpadu termasuk kompleks sirkuit jalan raya Mandalika.
 

Baca: Menghitung Peluang Indonesia Lolos dari Babak Grup Piala Asia U-19


“Masih on progres, tapi mereka (investor) ingin mendapatkan kepastian tentang fasilitas yang bisa diberikan," ujar Ketua Tim Pelaksana Dewan Nasional KEK ini.

Wahyu menuturkan, kajian fasilitas pembangunan yang ditawarkan kepada para investor bakal dilakukan peninjauan kembali. Beragam aspek perlu mendapat kepastian seperti potensi bencana alam. 

"Sekarang sedang mereview fasilitas yang akan diberikan, tanah sudah dialokasikan dan sudah masuk dalam master plan," tuturnya. 
 

Baca juga: Prediksi MU vs Juventus: Waspada Keganasan Ronaldo di Old Trafford


Vinci Construction Grand Project (VCGP) Prancis selaku investor diketahui berencana membangun sirkuit MotoGP dengan nilai investasi USD500 juta atau sekitar Rp6,5 triliun di KEK Mandalika. Sirkuit sepanjang 4,8 kilometer ini akan membentang di tengah-tengah lahan seluas 30 hektare. 

Street race circuit Mandalika yang dibangun dengan standar FIM and FIA ini ditargetkan dapat mulai beroperasi pada 2021. Kemudian arena balap berkonsep hijau dengan pemandangan alam ini dicanangkan dapat menjadi tuan rumah kejuaraan balap dunia.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Bima Sakti Dinilai Sosok yang Tepat Latih Timnas Indonesia



(ACF)