Bos Ducati Buka-bukaan Soal Strategi Musim Balap 2019

Muhammad Al Hasan    •    21 Januari 2019 20:21 WIB
motogp
Bos Ducati Buka-bukaan Soal Strategi Musim Balap 2019
Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci. (Foto: Crash)

Ducati siap mengarungi musim balap 2019. Kekompakkan antarpembalap diyakini menjadi kunci sukses Ducati. 

Neuchatel: Tim Ducati siap menghadapi musim 2019 bersama dua pembalapnya, Andrea Dovizioso dan pembalap anyar asal tim satelit, Ducati Pramac Danilo Petrucci.  

General Manager Ducati, Gigi Dall'Igna mengatakan, pemilihan formasi ini adalah bentuk perubahan strategi tim. Sinergi di antara keduanya diharapkan membawa perubahan baik bagi tim dalam meraih titel juara.

Menurut Dall'Igna, iklim kerjasama selama ini tidak terbangun saat Jorge Lorenzo dan pembalap sebelumnya Andrea Iannone masih di Ducati. Mereka cenderung bertindak independen dan menganggap Dovizioso sebagai rival. Iklim inilah yang hendak diubah. Bersama Petrucci, dia berharap kolaborasi bisa optimal. 

"Salah satu hal yang pasti kami ubah adalah strategi pengendara," kata Dall'Ignapada peluncuran tim MotoGP Ducati 19 Januari lalu. 

Baca: Pacquiao Kembali Menantang Mayweather Berduel

"Kami telah memilih untuk beralih dari dua pembalap yang berpikir secara independen satu sama lain, bertindak demi kepentingan mereka sendiri, terlepas dari kebaikan tim, kami berupaya mengoptimalkan hasil keseluruhan tim," tambah dia.

"Saya tidak berbicara tentang pesanan tim, tetapi saya berbicara tentang sinergi dalam pengembangan sepeda, dan dalam pengaturan motor selama balapan akhir pekan," tambah dia.

Dall'Igna menyebut, Dovi diamanahi sebagai ujung tombak tim karena senioritasnya dan prestasinya. Selain itu dari pengamatannya, pembalap 32 tahun itu sudah lama berkarier di Ducati dan telah menyaksikan bagaimana keinginan tim untuk menjadi juara dunia. 

"Andrea telah bersama Ducati sejak sebelum kedatangan saya, jadi dia mengenal orang-orang dengan sangat baik, dan cara kita bekerja. Saya ingin menggarisbawahi bahwa kontinuitas adalah salah satu hal terpenting di dunia kita, dunia balap," ujar dia. 

"Danilo memiliki kisah penting dengan Ducati. Dia telah bersama kami sejak 2015, dia melakukan banyak balapan hebat dan naik podium bersama kami. Dia tidak memenangkan perlombaan apa pun, tetapi juara harus menjadi target utamanya untuk 2019," pungkas Dall'Igna.

Video: Kevin/Marcus Juara Malaysia Masters 2019


(ASM)