Suzuki Ecstar

Alex Rins Cedera, Suzuki Rekrut Mantan Juara WorldSBK

Kautsar Halim    •    04 Mei 2017 21:49 WIB
motogp 2017
Alex Rins Cedera, Suzuki Rekrut Mantan Juara WorldSBK
Sylvain Guintoli. (MICHAL CIZEK / AFP)

Metrotvnews.com, Jerez: Sylvain Guintoli akan kembali mengaspal di ajang MotoGP. Kesempatan itu diberikan tim Suzuki Ecstar untuk menggantikan Alex Rins yang mengalami cedera di MotoGP Austin beberapa waktu lalu.

Cedera yang menimpa Rins memang cukup parah karena pergelangan tangannya dinyatakan patah. Kemungkinan besar, ia harus absen sekitar beberapa bulan hingga tangannya bisa berfungsi normal.

Guintoli tidak langsung menggantikan Rins untuk agenda seri MotoGP terdekat di Jerez, Minggu 7 Mei mendatang. Mantan juara dunia Superbike (WorldSBK) itu baru mulai mengaspal di ajang MotoGP Prancis pada Minggu 21 Mei.


Klik: Augie Fantinus Jagokan Satria Muda Juara IBL 2017


Meski begitu, Rins tetap ikut ke Jerez dengan tim Suzuki pada pekan ini. Itu sengaja dilakukan agar ia bisa cepat beradaptasi dengan kuda besi Suzuki, GSX-RR. Percobaan pertama Guintoli dengan GSX-RR sudah dilakukan sejak Selasa 2 Mei lalu.

"Pertama, saya ucapkan terima kasih kepada Suzuki yang memberikan kesempatan fantastis ini. Prospeknya sangat besar ketika menunggangi GSX-RR yang merupakan salah satu mesin tercepat di dunia. Terlebih lagi, saya akan balapan di rumah saya yang ramai oleh fan Prancis," ujar Guintoli

"Ingatan saya sangat kuat di Le Mans. Pasalnya, saya sempat memimpin beberapa lap pada 2007 . Tapi tantangan nanti bakal sangat sulit karena saya harus beradaptasi dengan mesin MotoGP dan ban Michelin. Meski begitu, tujuan utama saya nanti adalah untuk menikmati balapan dan mengerahkan seluruh kemampuan kepada Suzuki Ecstar," tambahnya.

"Sesi tes pada Selasa lalu memberikan saya sedikit waktu untuk beradaptasi dan mengetahui hebatnya motor ini. Meski begitu, saya tetap mendoakan agar Alex bisa cepat sembuh," lanjut lanjut pembalap berusia 34 tahun tersebut.


Klik: Rossi Tak Menyangka Bisa Pimpin Klasemen Jelang Hadapi GP Jerez


Sambil menunggu Guintoli tampil di MotoGP Prancis, Suzuki akan menggunakan jasa Takuya Tsuda di ajang MotoGP Jerez. Pembalap asal Jepang itu juga bukan orang baru karena biasa bertugas sebagai rider penguji tim Suzuki.

Guintoli punya segudang pengalaman di ajang balap motor dunia. Ia pernah menjadi rider kelas 250cc selama lima tahun, bergabung dengan Tech 3 Yamaha dan Pramac Ducati pada pada 2002, 2007, 2008, dan 2011, serta menjadi juara dunia WorldSBK pada 2014. (crash)

 


(ACF)