Tes Pramusim MotoGP 2018

Belum Pulih, Espargaro Absen pada Tes MotoGP Thailand

M. Rizky Adhestian    •    15 Februari 2018 12:46 WIB
MotoGP 2018
Belum Pulih, Espargaro Absen pada Tes MotoGP Thailand
Pol Espargaro (Foto: AFP/MOHD RASFAN)

Mattighofen: Pembalap Red Bull KTM, Pol Espargaro, akan absen tiga hari tes pramusim MotoGP 2018 di Thailand pekan ini. Pembalap asal Spanyol tersebut dikabarkan masih dalam masa pemulihan setelah melewati operasi cederanya.

Espargaro divonis menderita cedera tulang belakang setelah jatuh saat berpacu dengan kecepatan 250km/jam pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2018 pertama di Sepang, Malaysia. Meskipun terdapat waktu luang dua minggu untuk pemulihan pasca tes di Sepang, rider dengan nomor 44 itu diwajibkan untuk menjalani operasi di Barcelona.

Hal tersebut membuat Espargaro harus absen menjalani tes MotoGP di Thailand untuk timnya KTM. Kabar ini dikonfirmasi langsung lewat cuitan KTM di akun Twitter resminya, @KTM_Racing.

Klik di sini: Pesilat Putra Indonesia Raih Emas di Kategori Beregu dan Double

"Sayang sekali Pol Espargaro tidak dapat memacu KTM RC16-nya pada tes Thailand karena terdapat hernia di L4nya (tulang belakang), yang mungkin disebabkan oleh kecelakaan dua pekan lalu di Sepang. Operasinya Senin malam lalu di Dexeus BCN telah berhasil. Info selanjutnya menyusul," dilansir cuitan KTM di Twitter.

Pada Insiden di Sepang dua pekan lalu, Espargaro mengatakan ia menabrak pembatas pada tikungan keempat saat berkecepatan 250km/jam. Pada diagnosa awal, ia hanya mengalami cedera ligamen pada pergelangan kaki.

Klik di sini: Terinspirasi Hendra Setiawan, BAM Memanggil Pulang Tan Boon Heong

"Nyaris saja (mati), saya menabrak pada kecepatan lebih dari 250km/jam dan tidak ada sesuatu yan parah terjadi. Tidak ada patah tulang, hanya sakit di sekujur tubuh terutama di kaki saya karena saya terguling berkali-kali, ke depan dan ke belakang," ujarnya di Sepang.

Usai cedera, Espargaro digantikan oleh test rider, Mika Kallio, pada hari ketiga tes MotoGP di Sepang, Malaysia lalu. Pembalap asal Finlandia juga diperkirakan akan menggantikan Espargaro untuk test di Thailand bersama pembalap KTM lainnya, Bradley Smith.

MotoGP akan menuju Sirkuit Internasional Buriram untuk tiga hari tes mulai tanggal 16 hingga 18 Februari. Sirkuit sepanjang 4,554 km itu juga akan menjadi tuan rumah MotoGP musim 2018 balapan ke-15 yang dijadwalkan pada tanggal 5 sampai 7 Oktober. (Crash)

Persiapan Asian Games, Atlet Bridge Indonesia Uji Coba ke Eropa



(FIR)