Trek Qatar Aman Dipakai Meski Basah

M. Rizky Adhestian    •    04 Maret 2018 15:44 WIB
MotoGP 2018
Trek Qatar Aman Dipakai Meski Basah
Sirkuit Losail Qatar saat turun hujan (Sumber Foto: Bennetts.com)

Doha: Demi kemananan balapan saat cuaca hujan di Sirkuit Internasional Losail, Qatar, penyelenggara MotoGP mengadakan tes simulasi dengan membahasi treknya. Alhasil, beberapa rider setuju untuk berpacu di Losail meski nantinya turun hujan.

Musim lalu, hujan sempat mempengaruhi jalannya Grand Prix di Qatar. Panitia terpaksa menunda dan mempersingkat jalannya balapan dengan alasan resiko keamanan.

Pada hari terakhir tes pramusim 2018 di sirkuit yang sama, diselenggarakan simulasi trek basah yang berlangsung kurang lebih satu jam, Minggu 4 Maret dini hari tadi. Dari tes tersebut, Valentino Rossi tidak punya masalah dengan grip ban dan pengelihatan pada kondisi trek yang basah dan lampu sorot di sirkuit Losail.

"Oke saja, Saya rasa kami bisa melakukannya (balapan). Saya (mencoba) sendirian jadi saya tidak tahu dengan yang lain tapi perasaan saya tidak apa-apa dan di malam hari Anda bisa berkendara tanpa masalah serius," kata Rossi setelah simulasi.

Baca: Yamaha Mulai Bangkit pada Hari Ketiga


Pembalap Movistar Yamaha itu menjadi yang tercepat kedua dari hasil tiga hari tes di Qatar. Catatan Rossi terpaut 0,247 detik dari rider tercepat di tes Qatar, Johann Zarco. Rider asal Perancis itu juga menyuarakan hal yang sama dengan Rossi.

Manjadi yang tercepat, Zarco merasa hujan bukan masalah mengingat suhu di Qatar yang cenderung tinggi akan dengan cepat menguapkan genangan air di trek.

"Soal hujan, saya rasa para tim di pit sudah siap untuk balapan. Masalahnya, pertanyannya ada pada pengelihatan, bagaimana kami bisa melihat cahaya lampu saat basah. Tapi itu bukan masalah besar," kata Zarco.

"Lalu soal grip, meskipun hujan, dengan suhu yang hangat treknya tidak akan sepenuhnya basah dan saya rasa itu akan kering dengan cepat," sambungnya.

Soal pengelihatan, bukan hanya Zarco yang khawatir. Juara bertahan MotoGP, Marc Marquez juga menyoroti permasalahan pengelihatan. Meskipun tidak masalah soal kemanan, rider Repsol Honda itu menegaskan soal pengelihatan akan berbeda dari trek normal.

"Bagi saya soal pengelihatan tidak seperti trek normal, sedikit berbeda dan anda harus memahami itu. Lebih sulit untuk melihat, terutama pembatas jalannya, tetapi untuk keamanan saya merasa baik-baik saja. Saya hanya mencoba satu putaran dan sudah merasakan licinnya trek, tetapi jika hujan di saat balapam, masih mungkin untuk dilanjutkan," kata Marquez.(Autosport.com)

 


(REN)