MotoGP

Finlandia Resmi Masuk Kalender MotoGP 2019

Krisna Octavianus    •    03 Agustus 2017 09:03 WIB
motogp 2017
Finlandia Resmi Masuk Kalender MotoGP 2019
Sketsa gambar Sirkuit KymiRing (Foto: crash.net)

Metrotvnews.com, Kymenlaakso: MotoGP musim 2019 akan semakin panjang usai Finlandia masuk dalam kalender balap. Itu terjadi usai Dorna menandatangani kontrak berdurasi lima tahun dengan pengelola Sirkuit KymiRing.

Finlandia awalnya akan masuk kalender MotoGP tahun depan. Akan tetapi, dengan Thailand yang sudah bergabung terlebih dahulu dalam kalender 2018, GP Finlandia baru akan dimulai pada 2019.

BACA: Sean Kian Nyaman dengan Toro Rosso

KymiRing, trek sepanjang 4,8 km dengan 15 tikungan, merupakan satu-satunya sirkuit sejenisnya di Eropa Utara. Penyelenggara memperkirakan ada sekitar 100.000 penonton yang bisa hadir langsung menyaksikan balap MotoGP.

Lintasan yang dirancang oleh mantan pembalap F1, Alex Wurz bersama perusahannya Alex Wurz Test & Training company itu masih dalam proses pembangunan.

"Dengan senang hati kami mengumumkan kesepakatan yang telah kami lakukan dengan KymiRing dan pekerjaan sekarang sedang berjalan. Kami akan mengusulkan kepada FIM untuk memasukkan Finlandia dalam kalender MotoGP untuk musim 2019," kata CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta seperti dilansir Motorsport.com

"Ini adalah hari yang menyenangkan karena sudah bertahun-tahun sejak GP Imatra di Finlandia dan kami dengan bangga mengumumkan tempat baru ini," lanjutnya.

BACA: Target Emas Kontingen Indonesia di SEA Games 2017

Kesepakatan tersebut berarti MotoGP akan mengunjungi Finlandia untuk pertama kalinya sejak 1982, saat menyelenggarakan sebuah kompetisi balapan di sirkuit Imatra.

"Kontrak lima tahun yang dibuat dengan Dorna Sports memiliki dampak signifikan tidak hanya pada motorsport Finlandia tapi juga di seluruh Finlandia," tambah ketua KymiRing, Kari O. Sohlberg.

"Finlandia memiliki reputasi bagus sebagai penyelenggara event internasional besar. Contoh bagus dari tim sport adalah event WRC Rally Finland yang digelar akhir pekan lalu. Reputasi yang bagus, GP Imatra dan pembalap legendaris. Selain itu, hubungan pribadi jangka panjang merupakan fakta besar saat Dorna Sports membuat keputusan untuk mengembalikan GP Finlandia," pungkasnya.

 


(KRS)