MotoGP 2018

MotoGP Mewajibkan Tes Medis untuk Para Pembalap

M. Rizky Adhestian    •    03 Februari 2018 17:44 WIB
MotoGP 2018
MotoGP Mewajibkan Tes Medis untuk Para Pembalap
MotoGP (Foto: AFP)

Mies: Pihak penyelenggara MotoGP, Dorna telah membuat kewajiban tes medis bagi setiap pembalap sebagai salah satu bagian persiapan musim 2018. Kebijakan tersebut diterapkan untuk tiga kelas yaitu MotoGP, Moto2 dan Moto3.

Para pembalap MotoGP telah menjalani sebuah tes medis lengkap pada tes resmi pertama di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia. Sementara, untuk seluruh pembalap Moto2 dan Moto3 akan diterapkan tes medis yang sama setelah tes pramusim terakhir di Jerez, Spanyol.

Tes medis tersebut akan dikawal langsung oleh Direktur Medis MotoGP, Angel Charte, yang juga merupakan Kepala Departemen Penyakit Dalam Rumah Sakit Universitario Dexeus, Barcelona. Petugas medis Federasi Motor Internasional (FIM) dan petugas dari Clinica Mobile akan melakukan pemeriksaan dengan tes yang ditentukan sesuai peraturan FIM Road Racing World Championship Grand Prix.

Klik di sini: Keamanan dan Transportasi Asian Games Diuji Coba

"Pemeriksaan ini tidak hanya untuk memastikan bahwa setiap pembalap berada pada kondisi yang fit dan sehat, tetapi juga mengisi pangkalan data untuk informasi penting yang dapat digunakan sebagai acuan untuk penyelenggara," demikian pernyataan dari penyelenggara MotoGP.

Keputusan untuk mewajibkan tes medis muncul setelah berita mengejutkan perihal mundurnya pembalap Monster Yamaha Tech 3, Jonas Folger dari musim 2018. Ia mundur lantaran fokus menjalani pemulihan penyakit yang dideritanya pada tahun lalu.

Pembalap Malaysia, Hafizh Syahrin berada di pole position yang berpeluang menggantikan Folger, setelah dikabarkan ada pembicaraan antara pihak Sepang International Circuit dengan Yamaha Tech 3.

Indonesia Andalkan Petenis Muda di Piala Davis Zona Asia Oceania



(FIR)