Tes MotoGP

Miller Suka Karakter Mesin Baru Honda

Ahmad Garuda    •    24 November 2016 17:20 WIB
tes motogp
Miller Suka Karakter Mesin Baru Honda
Jack Miller suka karakter mesin baru Honda. Michelin

Metrotvnews.com, Jerez: Sesi tes privat MotoGP yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol sejak Rabu (23/11/2016), menjadi momentum menyenangkan bagi Jack Miller. Pembalap tim Marc VDS itu mengaku diberikan kesempatan khusus oleh Honda Racing Corporation (HRC) untuk melakukan pengetesan mesin baru yang bakal dipasok untuk 2017.

Mesin yang dikatakan punya konfigurasi baru yaitu big bang, dirasakan cukup nyaman bagi pembalap asal Australia itu. Ia menganggap mesin ini memiliki aliran tenaga yang cukup halus tapi sehingga upaya pembalap tak begitu besar untuk mengendalikannya. Tapi bagi pembalap yang gaya balapnya agresif, mungkin tak akan begitu suka dengan karakter big bang.

"Kami hanya punya mesin baru di sesi tes ini, kami tak melakukan komparasi dengan mesin yang kami gunakan selama musim 2016. Saya sangat senang karena motor ini karakter cukup pas dengan gaya balapku. Lebih lembut, mudah dikendalikan dan tidak liar. Selama menunggangi motor Honda, baru kali ini saya merasakan transfer tenaga dari mesin ke roda yang lebih halus. Intinya motor ini lebih bersahabat kepada pembalap," klaim Miller.

Selain mempelajari karakter mesin baru Honda, Ia juga belajar memahami cara kerja kepala mekanik barunya. Yaitu mantan kepala mekanik Dani Pedrosa, Ramon Aurin. Sebelumnya Miller ditemani oleh mantan kepala mekanik Casey Stoner saat masih aktif menjalani karirnya sebagai pembalap, Tapi Gabbarini memilihi kembali ke Ducati menemani Jorge Lorenzo.

"Ada cara kerja yang berbeda dalam hal setup motor. Aurin punya alur yang berbeda dari Gabbarini, dan ini yang sedang kami eksplorasi. Jelas perbedaan gaya setup motor ini, misalnya seperti analisa dan lain sebagainya jadi hal yang membuatku sangat tertarik."

Miller masih akan melanjutkan sesi pengetesan di hari kedua dengan mesin yang sama. Tapi kali ini Ia akan sedikit lebih dalam dalam hal setup. Agar benar-benar sesuai dengan karakter yang Ia inginkan.


(UDA)