Jelang MotoGP Austin, Amerika Serikat

Marquez Usung Misi Bangkit dan Jaga Rekor Sempurna di COTA

Achmad Firdaus    •    18 April 2017 21:12 WIB
motogp 2017
Marquez Usung Misi Bangkit dan Jaga Rekor Sempurna di COTA
Marc Marquez saat menjalani sesi pramusim jelang MotoGP 2017 (Foto: AFP PHOTO / MANAN VATSYAYANA)

Metrotvnews.com, Aalst: Marc Marquez mengusung misi bangkit jelang seri ketiga MotoGP 2017 di Austin, Amerika Serikat, akhir pekan nanti. Kemenangan menjadi wajib hukumnya jika Marquez ingin mempertahankan mahkota juara.

Sang juara bertahan memulai kampanye musim ini dengan kurang bagus. Pada seri perdana di Qatar, Marquez salah memilih ban sehingga tidak mampu bersaing di barisan depan. Ia harus puas finis di posisi empat.

Seri kedua di Argentina lebih apes lagi. Marquez yang sempat memimpin lomba harus gigit jari lantaran terjatuh di lap ketujuh. Poin maksimal yang seharusnya bisa digenggam pun melayang.

Dua hasil minor di atas jelas merugikan Marquez dalam upayanya mempertahankan gelar juara yang dia raih musim lalu. Saat ini, pembalap andalan Repsol Honda ini harus tercecer di posisi delapan klasemen sementara dengan koleksi 13 poin. Ia terpaut cukup jauh dari dua rival utamanya, Valentino Rossi (36 poin) dan Maverick Vinales meraih hasil sempurna di dua balapan tersebut (50 poin).
 

Baca: Rossi Tidak akan Bantu Vinales Jadi Juara Dunia 


Misi bangkit diusung Marquez pada seri berikutnya di Amerika Serikat. Kebetulan, ia memiliki rekor sempurna di Circuit of the Americas (COTA). Pembalap asal Spanyol ini selalu tampil sebagai juara setiap kali balapan di COTA sejak terjun di ajang MotoGP.

Penampilan impresif itu dimulai sejak tahun 2013, dan terus dilanjutkannya dalam tiga musim berikutnya. Terakhir, di musim lalu Marquez sukses menaklukkan Jorge Lorenzo -saat itu masih bersama Yamaha- dan berdiri di podium utama.

"Setelah balapan Argentina, saya senang kami akan balapan di Austin yang mana saya sangat menyukai sirkuitnya. Kami akan memberikan penampilan 100 persen dan mencoba untuk meraih podium pertama musim ini," ujar Marquez.
 

Baca juga: Hari Ini, Sean Debut sebagai Test Driver F1


"Saya punya kenangan yang indah di Austin, dan bagi saya COTA adalah salah satu venue terbaik dalam kalendar MotoGP. Saya suka lay-outnya, disana terdapat banyak sektor dan tikungan yang karakternya berbeda," pungkasnya.

Seri MotoGP Austin akan digelar pada Minggu 23 April waktu setempat atau Senin dini hari, sekitar pukul 02:00 WIB.

Video: ?Preview Barcelona vs Juventus
 


(ACF)