FP1 MotoGP Qatar

Penjelasan Cal Crutchlow Soal Motor Berasap di FP1

Kautsar Halim    •    24 Maret 2017 16:02 WIB
cal crutchlow
Penjelasan Cal Crutchlow Soal Motor Berasap di FP1
Cal Crutchlow. (MANAN VATSYAYANA / AFP)

Metrotvnews.com, Losail: Nasib pembalap LCR Honda Cal Crutchlow kurang beruntung ketika melakoni sesi latihan bebas pertama (FP1) MotoGP Qatar, Jumat 24 Maret dini hari WIB. Saat itu, RC213V yang dikendarainya tidak melaju mulus dan mengeluarkan asap.

Sejauh ini, belum ada penjelasan resmi dari tim LCR Honda soal kondisi tersebut. Namun, Crutchlow menduga kerusakan itu terjadi karena masalah mekanis.

"Saya tidak mengerti kenapa kerusakan itu terjadi. Namun yang jelas oli motor memang bocor. Saat ini, motor masih terus diinvestigasi," ujar Crutchlow seusai melakoni FP1 di Sirkuit Internasional Losail, Qatar.


Klik: Kondisi Cuaca Sulit Ditebak, Pedrosa Kesulitan Pilih Ban


Meski motor bermasalah, pemilik gelar juara dunia dua kali itu tetap berhasil menyelesaikan FP1 dengan berada di urutan ke-7. Catatan waktu Crutchlow saat itu adalah 1 menit 55.639 detik atau berselisih 1.323 detik dari Maverick Vinales yang berada di peringkat pertama.

Crutchlow merasa menyelesaikan sesi latihan bebas dengan kondisi motor yang kurang prima tidak mudah. Ia bahkan ketakutan untuk melahap tikungan dan berpikir bakal mengalami kecelakaan.

"Saya hampir melebar ketika melewati tikungan pertama dengan kecepatan 330 km/jam. Dan, jujur saja. Saya ketakutan dalam sisa sesi latihan pertama. Jika sampai terjatuh, saya tahu itu karena kondisi mesin yang berada di luar kendali," ujar Crutchlow.

"Namun perlahan, perasaan takut saya hilang. Performa saya memang tidak terlalu baik, namun catatan waktu juga tidak terlalu buruk jika melihat kondisi mesin seperti itu. Setidaknya saya bisa menyelesaikan dua putaran dengan maksimal pada hari ini," tambahnya.
 

Klik: Valentino Rossi Bicara Target di MotoGP 2017


Lantaran insiden tersebut, Crutchlow harus mengganti ban sebanyak tiga set sepanjang FP1. Selain karena terkena bocoran oli, hal itu sengaja dilakukan untuk mengantisipasi  hujan yang diprediksi turun pada FP2 pada Sabtu 25 Maret.

 


(HIL)