MotoGP Italia

Asapi Vinales, Dovizioso Juara MotoGP Italia

Patrick Pinaria    •    04 Juni 2017 20:58 WIB
motogp 2017
Asapi Vinales, Dovizioso Juara MotoGP Italia
Andrea Dovizioso (Foto: AFP/Vincenzo Pinto)

Metrotvnews.com, Mugello: Pembalap Ducati Andrea Dovizioso tampil sebagai pemenang MotoGP Italia 2017, Minggu 4 Juni. Pembalap asal Italia tersebut sukses mengalahkan Maverick Vinales pada balapan yang digelar di Sirkuit Mugello itu.

Dovizioso mampu finis di posisi pertama dengan catatan waktu 41 menit 32,126 detik. Catatan waktunya unggul sebanyak 1,281 detik.

Sementara itu, rekan setim Vinales, Valentino Rossi harus puas finis di posisi keempat. Ia finis di belakang Danilo Petruci yang mampu finis di peringkat ketiga.

Baca: Ganda Putri Persembahkan Gelar Perdana di Thailand Open

Bukan hal mudah bagi Dovizioso bisa meraih kemenangan tersebut. Sebab, awalnya, ia harus tertinggal lebih dulu dari para pembalap unggulan lainnya seperti Rossi, Vinales, dan Jorge Lorenzo pada lap pertama. Ketika itu, Rossi mampu memimpin balapan. 

Namun, keunggulan Rossi tak bertahan lama. Ia mampu disalip mantan rekan setimnya di Movistar Yamaha, Lorenzo pada putaran kedua.

Tertinggal tak membuat mental Dovizioso mengendur. Ia perlahan mampu menunjukkan kecepatannya hingga berhasil menyalip ke posisi dua pada putaran keenam.

Baca: Tyson Sebut Pertarungan Mayewather-McGregor Tak Imbang

Posisi terdepan akhirnya berhasil direbut Dovizioso pada putaran ke-14. Ia mampu menyalip Vinales. Pergantian posisi juga terjadi di putaran yang sama. Ketika itu, Petrucci sukses menyalip Rossi di posisi ketiga.

Dovizioso semakin tak terkejar ketika memasuki putaran ke-22. Ia berhasil memperlebar jarak dari Vinales, Rossi dan Petrucci. 
Hingga akhirnya, Dovizioso sukses mempertahankan posisi terdepan di akhir balapan. Kemudian, Vinales harus puas finis di posisi kedua dengan diikuti Petrucci dan Rossi.

Nasib sial dialami Dani Pedrosa. Pembalap Repsol Honda itu harus gagal menyelesaikan balapan karena terjatuh setelah bersenggolan dengan Cal Crutchlow.

Keberhasilan menjuarai MotoGP Italia menjadi hasil istimewa bagi Pedrosa. Sebab, ini merupakan kemenangan perdananya pada MotoGP musim 2017.


Berikut hasil lengkap balapan MotoGP Italia, Minggu 4 Juni:




Video: Pelatnas Ski Air DKI Jakarta Lantik Pengurus Baru

 


(PAT)